Sosok Erlin Suastini yang Tak Bisa Dihalau Paspampres saat Temui Jokowi

Erlin adalah pejabat di istana untuk bidang protokoler

Jakarta, IDN Times - Warganet banyak mempertanyakan sosok perempuan yang kerap hadir dalam setiap kunjungan kenegaraan Presiden Joko "Jokowi" Widodo ke sejumlah daerah di Indonesia. 

Sejumlah warganet bahkan kaget mengapa sosok perempuan itu dapat dengan mudah menghampiri Presiden Jokowi tanpa dihalau Paspampres

Padahal biasanya, Paspampres selalu sigap menghalau warga yang mencoba mendekati presiden untuk sekadar bersalaman atau berswafoto bersama. Paspampres memang memiliki tugas pokok untuk melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat terhadap Presiden, Wakil Presiden Republik Indonesia. 

Termasuk Tamu Negara setingkat Kepala Negara, Kepala Pemerintahan dan keluarganya termasuk undangan pribadi serta tugas Protokoler khusus pada upacara Kenegaraan yang dilakukan baik di lingkungan Istana Kepresidenan maupun di luar.

Sosok perempuan tersebut kemudian viral di jejaring media sosial TikTok, sehingga banyak menimbulkan pertanyaan dari warganet. 

Dalam video yang diunggah pemilik akun @genk.out tampak perempuan itu menghampiri Presiden Jokowi saat hendak memberikan pernyataan resmi kepada awak media yang sedang meliput. 

"Nggak ada yang berani sama ibu satu ini," ujar pemilik akun tersebut, dikutip Kamis (22/2/2024).

1. Reaksi warganet terhadap sosok perempuan tersebut

Sosok Erlin Suastini yang Tak Bisa Dihalau Paspampres saat Temui JokowiErlin Suastini, Kepala Biro Pers Media dan Informasi Kedeputian Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden saat berfoto bersama Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati. (Instagram/@smindrawati)

Banyak warganet yang kaget dengan perempuan tersebut karena bisa dengan mudah menemui Presiden Jokowi tanpa dihalau Paspampres.

"Itu ibu siapa, powernya kuat banget," demikian komentar salah seorang warganet di akun tersebut.

Sementara warganet lainnya menyebut perempuan tersebut memang merupakan orang penting di lingkaran istana karena bisa dengan mudah bertemu Kepala Negara. 

"Kalau nggak dihadang paspampres berarti bukan sembarang ibu-ibu lah," kata warganet lainnya.

Baca Juga: Seorang Artis Diusir dan Kena Omel Paspampres Gegara Ajak Jokowi Joget

2. Erlin Suastini adalah pejabat yang mengurus bidang protokoler di Sekretariat Presiden

Sosok Erlin Suastini yang Tak Bisa Dihalau Paspampres saat Temui JokowiErlin Suastini (dok. IDN Times/Istimewa)

Sebagai informasi, perempuan tersebut adalah Erlin Suastini. Dalam kesehariannya, ia memang bertugas untuk bidang protokoler, pers dan media. 

Erlin Suastini dilantik sejak Juli 2019 silam. Pelantikan tersebut dilakukan oleh Menteri Sekretaris Negara Praktikno pada Juli 2019 silam. 

Atas pelantikan itu, Erlin Suastini resmi menjabat sebagai Kepala Biro Pers Media dan Informasi Kedeputian Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden.

Saat itu, acara pelantikan berlangsung di lobi Gedung Utama Sekretariat Negara, Jakarta, dan dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Setneg.

Baca Juga: Daftar Menteri Kabinet Jokowi Terbaru, Usai Reshuffle dan Pemilu 2024

3. Pratikno saat itu juga melantik dua pejabat lain yang merupakan seorang perempuan

Sosok Erlin Suastini yang Tak Bisa Dihalau Paspampres saat Temui JokowiPresiden Jokowi bersama Pratikno dan Sudirman Said (dok. Sekretariat Presiden)

Selain melantik Suastini, Pratikno juga melantik dua pejabat lainnya yang semuanya perempuan. Dua pejabat lainnya adalah Kepala Biro Informasi dan Teknologi Sekretariat Kementerian Sekretariat Negara, Irma Santi, dan Asisten Deputi Infrastruktur, Energi dan Tata Ruang, Sekretariat Wakil Presiden, Sri Prastiwi Utami.

Hadir dalam pelantikan itu, antara lain Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Setpres, Bey Machmuddin, Sekretaris Militer Presiden, Marsekal Pertama TNI Trisno Hendardi.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya