Sudirman Said Mulai Bangun Komunikasi Bareng PKS untuk Pilkada DKI?

PKS akui dekat dengan Sudirman Said

Intinya Sih...

  • PKS belum memutuskan kandidatnya untuk Pilkada Jakarta November 2024.
  • Sudirman Said siap untuk dicalonkan dan telah menjalin komunikasi intensif dengan sejumlah partai politik.
  • KPU DKI Jakarta menegaskan Sudirman Said batal mencalonkan diri dari jalur independen pada Pilgub Jakarta.
  • PKS belum memutuskan kandidatnya untuk Pilkada Jakarta November 2024.
  • Sudirman Said siap untuk dicalonkan dan telah menjalin komunikasi intensif dengan sejumlah partai politik.
  • KPU DKI Jakarta menegaskan Sudirman Said batal mencalonkan diri dari jalur independen pada Pilgub Jakarta.

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai Keadian Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengungkap perkembangan terkait Pilgub Jakarta November 2024 nanti. Menurut dia, belum ada keputusan terkait nama yang akan diusung PKS untuk Pilkada Jakarta.

“Untuk DKI kayaknya akan diumumkan oleh presiden,” ujar Mardani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Sementara itu, nama Mantan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) santer diisukan tengah membangun komunikasi politik dengan PKS terkait pencalonannya pada Pilkada Jakarta 2024.

“Kalau belum ada keputusan semua boleh berkomunikasi,” ujar dia.

Mardani mengaku belum tahu persis terkait komunikasi politik antara Sudirman Said dengan PKS. “Yang tahu Pak Presiden dan Pak Sekjen,” ujar dia.

Kendati, secara personal, Mardani mengaku dekat dengan Sudirman Said maupun Anies Baswedan.

“Saya dekat dengan pak Dirman. Dekat dengan mas Anies,” tutur dia.

Baca Juga: Sudirman Said Siap Dicalonkan Maju Pilkada Jakarta 2024

1. Sudirman Said siap dicalonkan untuk Pilkada Jakarta

Sudirman Said Mulai Bangun Komunikasi Bareng PKS untuk Pilkada DKI?Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kiri) dan Wakil Kapten Timnas AMIN Sudirman Said dalam diskusi politik di Cikini, Jakarta Pusat. (IDN Times/Amir Faisol)

Mantan Menteri ESDM Sudirman Said mengaku siap untuk dicalonkan pada Pilkada Jakarta November 2024 mendatang. Ketua Umum Konfederasi Nasinal Relawan Anies (KoRean) Muhammad Ramli Rahim menjelaskan, pernyataan itu disampaikan langsung oleh Sudirman Said saat ditemui di kediamannya, di Kompleks Kowilham Cilangkap, Jakarta.

“Pernyataan kesediaan tersebut kembali ditegaskan Sudirman Said saat ngopi-ngopi bareng para pentolan gerakan perubahan di Twin House Cipete,” kata Ramli.

2. Sejumlah parpol sudah komunikasi intensi intensif

Sudirman Said Mulai Bangun Komunikasi Bareng PKS untuk Pilkada DKI?Sudirman Said (IDN Times/Aryodamar

Ramli mengatakan, saat ini sejumlah partai politik sudah menjalin komunikasi secara intensif dengan Sudirman Said. Dia mengatakan komunikasi juga terbangun bukan hanya dengan parpol di koalisi perubahan, tapi juga di luar koalisi perubahan.

Kendati, dia belum mau mengumumkan parpol mana saja yang sudah mendekati Sudirman Said untuk pencalonannya pada Pilkada Jakarta 2024.

“Nanti pada waktunya akan diumumkan parpol mana saja yang akan jadi parpol pengusung tapi setidaknya hampir bisa dipastikan akan memenuhi syarat untuk diusung di Pilgub DKJ,” kata dia.

Baca Juga: Sudirman Said Buka Suara soal Isu Maju di Pilkada DKI Jakarta 2024

3. Sudirman Said batal maju dari jalur independen

Sudirman Said Mulai Bangun Komunikasi Bareng PKS untuk Pilkada DKI?Ketua Pelaksana Harian Timnas AMIN, Sudirman Said di rumah relawan Brawijaya X, Jakarta Selatan pada Senin, 19 Februari 2024. (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menegaskan Sudirman Said batal mencalonkan diri dari jalur independen pada Pilgub Jakarta.

Informasi tersebut turut dikonfirmasi oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta Astri Megatari.

"Jadi bukan gugur ya, memang tidak mencalonkan diri,"kata Astri.

Baca Juga: Sudirman Said, Tim Pemenangan Anies, Maju Pilkada Jakarta

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya