Surya Paloh dan Anies Beri Selamat pada AHY Masuk Kabinet Jokowi

Anies doakan AHY bisa laksanakan tugas dengan baik

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan selamat kepada Partai Demokrat yang secara resmi bergabung ke dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo setelah mendapat jatah kursi Menteri ATR/BPN.

Paloh mengatakan, penunjukan AHY sebagai Menteri ATR/BPN merupakan hak prerogatif presiden. Dia mengatakan, presiden memiliki hak mengangkat siapa saja untuk membantu pemerintahannya.

Hal tersebut disampaikan Surya Paloh saat ditemui usai rapat bersama Koalisi Perubahan di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2024).

"Saya ucapkan selamat. Itu hak prerogatif presiden. Konsistensi kita kan itu hak prerogatif presiden, mau ngangkat siapa, latar belakangnya apa," kata dia.

Pada kesempatan itu, capres nomor urut satu, Anies Baswedan juga menyampaikan selamat kepada AHY yang saat ini mengemban tugas sebagai Menteri ATR/BPN. Ucapan selamat juga disampaikan oleh Anies kepada Hadi Tjahjanto yang ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Anies mendoakan semoga Hadi Tjahjanto dan AHY bisa menjalankan amanat tersebut dengan baik. Ia berharap tugas-tugas di kementerian yang mereka pimpin bisa dilaksanakan dengan baik

"Sehingga kepentingan teknokratik itu bisa berjalan hingga tuntas," ujarnya.

Diketahui, AHY dan Anies sempat berada dalam satu gerbong koalisi yang sama. AHY sempat digadang-gadang menjadi cawapres Anies pada Pilpres 2024. Sayangnya, hubungan Anies putus dengan AHY pada paruh kedua tahun 2023 lalu setelah melewati pendekatan yang cukup panjang. 

Anies memutuskan menggandeng Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar untuk maju pada Pilpres 2024. Meski ditelikung, AHY tetap memaafkan Anies dan bangkit untuk mencari calon mitra ke koalisi lain. 

Ia mengajak seluruh kader Demokrat untuk menyongsong perjalanan politik baru dengan hati bersih dan niat yang baik. Pertama, tentu dengan memberi maaf kepada siapa pun yang telah menyakiti kita baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Semoga kita bisa memaafkan meskipun tidak bisa begitu saja melupakan," sambungnya.AHY mengajak seluruh kader Demokrat di seluruh wilayah Indonesia, untuk membuka lembaran baru ke depan. "Kita harus segera move on!" ujarnya.

Baca Juga: Anies Rapat Bareng Ketum Parpol Koalisi Perubahan Bahas Hak Angket

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya