Terjerat Kasus Narkoba, Hakim PN Rangkasbitung Dipecat

Terbukti melanggar kode etik hakim

Jakarta, IDN Times – Hakim Pengadilan Negeri (PN) Rangkasbitung berinisial DA dijatuhi sanksi pemberhentian tidak dengan hormat lantaran terbukti melakukan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH). DA terbukti mengonsumsi narkotika di ruang kerjanya.

Sanksi itu dijatuhkan dalam Sidang Majelis Kehormatan Hakim (MKH) yang dipimpin Ketua Komisi Yudisial (KY) Amzulian Rifai di Gedung Mahkamah Agung (MA), Jakarta.

"Menyatakan hakim DA telah terbukti melanggar Angka 5 butir 5.1.1 dan Angka 7.1 Keputusan Bersama Ketua Mahkamah Agung (MA) dan Ketua Komisi Yudisial (KY) Nomor 47/KMA/SKB/IV/2009-02/SKB/P.KY/IV/2009 tentang Panduan Penegakan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) dan menjatuhkan sanksi kepada DA dengan sanksi berat berupa pemberhentian tidak dengan hormat," ucap Amzulian membacakan amar putusan, dikutip pada Rabu (19/7/2023).

Baca Juga: Hakim PN Rangkasbitung Pesta Sabu Seminggu Sekali  

1. Tak ada hal yang meringankan

Terjerat Kasus Narkoba, Hakim PN Rangkasbitung DipecatIlustrasi hukum dan undang-undang (IDN Times/Sukma Shakti)

Keputusan pemberhentian tidak dengan hormat itu diambil secara bulat karena majelis menganggap tidak ada hal yang dapat meringankan terlapor DA.

Pada sidang tersebut, terlapor DA, yang didampingi perwakilan Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI), menghadirkan saksi meringankan.

Adapun saksi merinngankan itu terdiri dari ibu terlapor, istri terlapor yang juga seorang hakim, dan mantan atasan terlapor yang saat itu menjabat sebagai Wakil Ketua PN Rangkasbitung.

Baca Juga: Hakim PN Rangkasbitung Didakwa Beli Sabu dari Anggota Polisi di Medan 

2. Hakim DA sempat diciduk BNN

Terjerat Kasus Narkoba, Hakim PN Rangkasbitung DipecatIlustrasi Pengguna Narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, hakim DA ditangkap BNN karena memakai narkotika bersama hakim YR dan pegawai PN Rangkabitung RASS yang pernah diminta YR membeli narkotika dari Medan. Dalam kasus ini, hakim YR sudah dijatuhi hukuman penjara dua tahun.

Narkotika berjenis sabu itu kemudian dikirim via jasa ekspedisi yang ternyata sudah dikuntit personil BNN. Ketiganya ditangkap BNN Serang pada 17 Mei 2022.

Malam sebelumnya, ketiganya mengosumsi narkotika di rumah YR. Penangkapan DA menarik perhatian karena dilakukan di Gedung PN Rangkasbitung.

Baca Juga: 3 Fakta Polisi di Medan yang Diduga Kirim Sabu ke Hakim Rangkasbitung

3. Sering konsumsi sabu di kantor pengadilan

Terjerat Kasus Narkoba, Hakim PN Rangkasbitung Dipecatilustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam persidangan YR, terdapat fakta bahwa ketiganya telah mengonsumsi narkotika jenis sabu selama berbulan-bulan. Bahkan, perbuatan tersebut sering dilakukan di ruang kerja ketiganya di PN Rangkasbitung.

Dalam sidang MKH juga terungkap bahwa ruangan yang digunakan ketiganya merupakan Ruang Juru Sita yang sempat kosong. Ruangan itu ditempati ketiga orang itu karena ruang hakim di PN Rangkasbitung penuh.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya