TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dear Masyarakat, Garda Terdepan Melawan COVID-19 Bukan RS!

Masyarakat diminta turut peduli dengan tenaga kesehatan

Calon pengguna transportasi umum mengenakan masker saat melintasi kawasan Terowongan Kendal, Jakarta, Kamis (12/3/2020) (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Kuntjoro Adi Purjanto menilai saat ini masyarakat Indonesia masih abai dengan kondisi pandemik COVID-19. Padahal angka kasus COVID-19 telah mencapai satu juta kasus.

"Garda terdepannya itu bukan rumah sakit ya tetapi masyarakat itu sendiri," ujarnya dalam sesi Public Health: Vaccine What To Expect dalam acara Media Group News Summit Indonesia 2021 yang ditayangkan secara virtual, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga: IDI: 278 Dokter Meninggal Akibat COVID-19 

1. Ia minta masyarakat turut peduli dengan tenaga kesehatan

Ilustrasi. ANTARA FOTO/Fauzan

Kuntjoro prihatin dengan banyaknya tenaga kesehatan yang gugur saat melawan pandemik COVID-19. Untuk itu, ia meminta agar masyarakat turut peduli dengan tenaga kesehatan yang sudah berusaha secara maksimal merawat pasien.

"Kita himbau kepada masyarakat kasihani kamilah, Pak Amin (Kepala LBM Eijkman) juga nih pusing lama-lama banyak sejawatnya yang meninggal," tuturnya.

2. Banyak dokter usia lanjut yang meninggal akibat COVID-19

Ilustrasi personel Satgas Mobile COVID-19 memeriksa kondisi pasien diduga terjangkit virus Corona (COVID-19) di ruang isolasi Rumah Sakit Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (11/3). ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Kuntjoro bercerita bahwa di rumah sakit, banyak dokter yang sudah lanjut usia dan juga memiliki penyakit komorbid. Akibatnya, banyak dokter senior yang meninggal akibat COVID-19.

"Waduh ini sayang sekali ya, kasihan dokter-dokter kita pada banyak yang meninggal," ujarnya.

Baca Juga: Tembus 1 Juta Kasus, Ini Perjalanan Pandemik COVID-19 di Indonesia 

Topik:

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya