TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi Perintahkan Mensos Risma Tinjau Langsung Lokasi Gempa di Mamuju

BNPB kerahkan 4 helikopter ke lokasi gempa

Sebuah mobil dan bangunan rusak akibat gempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Jakarta, IDN Times - Gempa berkekuatan Magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021) dini hari. Gempa tersebut juga berdampak ke Kabupaten Mamuju.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dan Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi lokasi gempa.

"Mendengar kabar terjadinya gempa di Mamuju Sulbar, Presiden memerintahkan Doni Monardo dan Mensos Risma berangkat ke Mamuju dan segera mengubah rencana, berangkat ke Mamuju Sulawesi Barat," ujar Tenaga Ahli BNPB, Egy Massadiah, dalam keterangan tertulis, Jumat (15/1/2021).

Kepala BNPB Doni Monardo juga langsung menginstruksikan helikopter BNPB untuk menuju lokasi bencana. Secara total ada empat helikopter dikerahkan BNPB ke lokasi.

Baca Juga: Gempa M 6,2 Guncang Majene, Seorang Anak Terjebak Runtuhan Puing 

1. Empat orang yang meninggal dunia akibat gempa Majene

Petugas menggunakan alat berat memindahkan puing bangunan RS Mitra Manakarra yang rusak pascagempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan ada empat warga yang meninggal dunia akibat kejadian bencana gempa bumi di Majene. Selain itu, enam ratus orang lainnya mengalami luka-luka. 

"Per 15 Januari 2021, pukul 08.00 WIB, mencatat sekitar 637 warga mengalami luka-luka dan 3.000 lainnya mengungsi di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat," ujarnya.

2. Gempa berdampak pada Kabupaten Majene hingga Kabupaten Mamuju

Situasi pascagempa di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) ANTARA/Akbar Tado

Raditya juga menjelaskan kerusakan bangunan di Majene mencakup 62 unit rumah rusak, 1 unit puskesmas rusak berat, 1 kantor danramil Maluda rusak berat, jaringan listrik padam, komunikasi selular tidak stabil dan longsor 3 titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju. 

Sedangkan, pada Kabupaten Mamuju, BPBD setempat menginformasikan kerusakan berat (RB) antara lain Hotel Maleo, kantor Gubernur Sulawesi Barat dan sebuah mini market.

"Jaringan listrik dan komunikasi selular juga terganggu di wilayah Mamuju. Kerusakan rumah warga masih dalam pendataan," katanya.

Baca Juga: Fakta-fakta Terkini Gempa Magnitudo 6,2 di Majene Sulawesi Barat 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya