TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kasus Baru COVID-19 di Indonesia Didominasi OTG dan Gejala Ringan

Tingkat hunian RS rujukan COVID-19 masih berada di 60 persen

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan yang juga Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto berpose di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (18/6/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, mengatakan bahwa kasus positif COVID-19 yang ditemukan tergolong kasus ringan atau kasus tanpa gejala. Sehingga, tidak perlu ada perawatan di rumah sakit, namun mereka tetap harus isolasi secara mandiri.

"Gambaran ini semakin menegaskan kita bahwa melaksanakan protokol kesehatan menjadi sebuah keharusan, di tengah-tengah kita banyak yang membawa virus ini tanpa diindikasi harus di rawat di rumah sakit," ujarnya saat konferensi pers melalui streaming YouTube BNPB Indonesia, Selasa (30/6).

Baca Juga: Jokowi Sebut Isolasi RT atau RW Lebih Efektif untuk Menekan COVID-19

1. Jumlah tempat tidur di rumah sakit rujukan COVID-19 tetap dan tidak bertambah

Ilustrasi rumah sakit. IDN Times/Shakti

Dengan kondisi tersebut, Yuri menjelaskan jumlah tempat tidur di rumah sakit rujukan COVID-19 masih sama dan tidak ada penambahan. Sebab, tingkat hunian rumah sakit rujukan COVID-19 masih berada di angka 60 persen.

"Artinya kasus-kasus yang kita temukan tanpa ada indikasi perawatan di rumah sakit," ujarnya.

2. Kasus positif COVID-19 bertambah 1.293 hari ini

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Ia juga melaporkan, total kasus positif di Indonesia naik menjadi 56.385 kasus. Angka itu naik hingga 1.293 kasus hari ini. Jawa Timur kembali menjadi wilayah yang menyumbang kasus terbanyak hari ini yaitu, 331 kasus baru.

Sedangkan peningkatan angka kematian juga terjadi di Indonesia, menjadi 2.876 kasus. Walau pun demikian, kasus sembuh juga terus naik dan sekarang berada di angka 24.806 orang.

Baca Juga: Angka COVID-19 Naik 1.293, Jatim Kembali Sumbang Kasus Baru Terbanyak

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya