TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mensos: Susur Sungai Sempor yang Tewaskan 9 Siswa, Kegiatan Konyol  

Keluarga siswa meninggal akan diberi santunan Rp15juta

Pencarian siswa yang terbawa arus saat susur sungai Sempor masih dilanjutkan di Sleman Yogyakarta - IDN Times/Siti Umaiyah

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Juliari Peter Batubara mengatakan kegiatan susur sungai yang telah menelan sembilan nyawa siswa SMPN 1 Turi Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, adalah sebuah aktivitas yang konyol. Kegiatan tersebut dianggap berbahaya karena para siswa tidak memiliki kemampuan khusus untuk susur sungai di musim hujan.

"Menurut saya konyol, apa tidak ada yang lain," ujarnya saat mengunjungi Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Antasena di Magelang seperti dikutip dari kantor berita Antara, Sabtu (22/2).

Baca Juga: Kronologi Tragedi Susur Sungai yang Tewaskan 9 Siswa SMP N 1 Turi

1. Kemensos akan menyantuni setiap keluarga siswa meninggal dunia sebesar Rp15juta

(Pencarian korban hilang di Sungai Sempor Sleman) ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Juliari juga mengatakan Kementerian Sosial akan menyantuni keluarga siswa SMPN 1 Turi yang meninggal dunia akibat kecelakaan dari aktivitas susur sungai di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dia mengucapkan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya delapan siswa SMPN 1 Turi.

"Ahli waris korban meninggal kita berikan santunan sekadar meringankan beban mereka Rp15 juta per orang," katanya.

2. Mensos sesalkan aktivitas berbahaya yang dilakukan oleh siswa tanpa keahlian khusus

Tim Psikologi lakukan pendampingan di SMPN 1 Turi. IDN Times/Siti Umaiyah

Di samping memanjatkan doa untuk para siswa yang mengalami luka-luka akibat kecelakaan tersebut, dia juga menyesalkan pelaksanaan kegiatan susur sungai yang berbahaya di musim hujan itu.

"Yang saya sesalkan, di musim hujan seperti ini anak-anak yang tidak memiliki skill diminta untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berbahaya, yang saya dapat beritanya seperti itu," katanya.

Baca Juga: Pencarian Sisa Korban Susur Sungai Sempor Terkendala Bebatuan Sungai

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya