TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pakai Face Shield tanpa Masker Jadi Tren, Ini Kata Jubir COVID-19

Penggunaan masker justru bagian terpentingnya, lho!

Relawan Easthetic Ind memakai contoh alat pelindung wajah (Face Shield) yang mereka produksi di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (7/4/2020). Relawan setempat mengaku mampu memproduksi hingga 45 alat pelindung wajah per hari yang selanjutnya akan dibagikan secara gratis kepada tenaga medis di sejumlah rumah sakit rujukan penanganan kasus virus corona atau Covid-19 (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, mengatakan salah satu faktor yang paling menyumbang kasus positif terbanyak adalah perilaku tidak disiplin dalam penggunaan masker. Yuri mengimbau agar masyarakat menggunakan masker yang nyaman digunakan pada kegiatan sehari-hari.

"Kami mengibaratkan penggunaan face shield tanpa masker, ibarat orang yang menggunakan payung, yang bisa melindungi dari tetesan air dari atas tetapi tidak dari samping," ujarnya dalam keterangan pers yang disiarkan langsung dari channel YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (11/7/2020).

Baca Juga: Sopir di Prancis yang Dihajar Penumpang Tanpa Masker Meninggal Dunia

1. Penggunaan face shield harus dibarengi dengan penggunaan masker

Elok Lailatul Maghfiroh bersama pekerjanya memproduksi Face Shield di rumahnya. IDN Times/Zainul Arifin

Oleh sebab itu, untuk perlindungan maksimal, seseorang yang menggunakan face shield harus dibarengi dengan penggunaan masker. Menurut Yuri, penggunaan masker itulah yang lebih penting untuk perlindungan dari COVID-19.

"Gunakan masker yang nyaman, agar bisa digunakan dengan benar," ujarnya.

2. Gunakan masker kain yang tidak terlalu ketat agar nyaman

ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Yuri mengatakan masker kain yang terlalu ketat menutup hidung membuat penggunaannya tidak nyaman. Padahal masker kain memiliki kualitas yang cukup bagus.

"Masker kertas atau masker yang biasa digunakan oleh tenaga medis, itu juga bisa digunakan. Saat ini, kita sudah bisa mendapatkan di mana-mana dengan mudah," tuturnya.

Baca Juga: Masker Kain 2 Lapis Sama Ampuhnya dengan Masker Bedah Menangkal Corona

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya