TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waspada! 6 Wilayah Ini Masuk Zona Merah COVID-19, Termasuk Palembang 

Apakah wilayahmu masuk zona merah COVID-19 pekan ini?

Ilustrasi masker (IDN Times/Dwi Agustiar)

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito melaporkan, per Minggu 18 April 2021 pukul 07.00 WIB, jumlah zona merah (risiko tinggi) COVID-19 di Indonesia turun dari 11 menjadi 6 kabupaten/kota. Hal tersebut adalah perkembangan yang cukup baik, mengingat zona merah mengalami peningkatan pada pekan lalu.

Wiku menyebutkan, enam kabupaten/kota yang masuk ke zona merah yaitu Solok, Sumatra Barat; Kota Pekanbaru, Riau; Kota Palembang, Sumatra Selatan; Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur; Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah; dan Buol, Sulawesi Tengah.

"Namun yang terus saya sampaikan, dan mohon menjadi perhatian kita bersama masih tingginya kabupaten/kota di zona oranye," katanya pada konferensi pers virtual di YouTube BNPB Indonesia, Selasa (20/4/2021).

Baca Juga: Sempat Masuk Zona Merah, 34 Wilayah Ini Berubah Jadi Zona Oranye

1. Jumlah zona oranye naik menjadi 322 kabupaten/kota

Warga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama)

Selanjutnya, Wiku juga melaporkan perkembangan jumlah zona oranye COVID-19 di Indonesia yang terus meningkat. Pada pekan ini, terdapat 322 kabupaten/kota yang masuk zona oranye atau risiko sedang.

"Zona oranye kini meningkat dari 316 kabupaten/kota, menjadi 322 kabupaten/kota," katanya.

2. Ada 7 kabupaten/kota di Jawa Barat naik ke zona oranye pekan ini

Warga melintas di dekat mural bergambar simbol orang berdoa menggunakan masker yang mewakili umat beragama di Indonesia di kawasan Juanda, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (18/6/2020) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Wiku menjelaskan, peningkatan jumlah zona oranye dikontribusikan dari 37 kabupaten/kota dari zona kuning. Ia merinci bahwa 37 kabupaten/kota itu paling banyak berasal dari Jawa Barat, Lampung, dan Jawa Timur.

"Tujuh kabupaten/kota dari Jawa Barat, enam dari Lampung, dan empat dari Jawa Timur," katanya.

Wiku meminta pemda dari wilayah yang berstatus zona merah dan zona oranye untuk memprioritaskan penanganan COVID-19. Hal itu agar zona risiko wilayahnya tidak semakin memburuk.

Baca Juga: Sempat Masuk Zona Merah, 34 Wilayah Ini Berubah Jadi Zona Oranye

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya