TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kebakaran Hutan dan Lahan di Siak, Api Belum Bisa Dipadamkan

Dua hektare lahan yang terbakar merupakan tanah gambut

Foto : Tim Manggala Agni Daops Sumatera VI saat sedang memadamkan api di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau/ IDN Times, Dokumentasi Manggala Agni

Siak, IDN Times - Terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Siak, Provinsi Riau sejak Kamis (29/7/2021). Hingga hari ini api belum bisa dipadamkan.

Dikatakan Kadaopas Manggala Agni Sumatera VI Ihsan Abdillah, dua hektare lahan yang terbakar merupakan tanah gambut dan milik masyarakat.

1. Sebanyak 8 orang diturunkan ke lokasi

Foto : Manggala Agni Daops Sumatera VI, TNI, Polri berjibaku memadamkan api yang terus berkobar/ IDN Times, Dokumentasi Manggala Agni

"Informasinya lahan tersebut milik masyarakat, polisi sedang menyelidiki penyebab terjadinya karhutla," jelas Ihsan Abdillah petang tadi.

Disampaikan Ihsan, saat ini pihaknya bersama tim dari TNI, Polri masih berjibaku memadamkan api yang masih berkobar.

Kebakaran itu diketahui dari informasi masyarakat sekira pukul 14.30 WIB. Saat itu juga tim Manggala Agni langsung menerjunkan alat berserta tim untuk ke lokasi kebakaran.

"Dari Manggala Agni ada 8 orang diterjunkan, saat ini api belum bisa dipadamkan secara menyeluruh, perlu pemadaman lanjutan," ungkap Ihsan.

2. Memasuki musim panas, warga diminta waspadai karhutla

Foto : Tim Manggala Agni, TNI, Polri terus melakukan sosialisasi rawan karhutla dan mendirikan pos/ IDN Times, Dokumentasi Manggala Agni

Saat ini, tambah Ihsan, di lokasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan tim melakukan penyekatan agar api tidak meluas menimbang lahan yang terbakar merupakan jenis gambut.

"Apalagi kita sudah memasuki musim panas sejak 15 Juli 2021, sehingga memang harus waspada terjadinya karhutla," tambah Ihsan.

Disinggung soal terjadi kebakaran di 3 lokasi yang bersamaan di Kecamatan Sungai Apit, Ihsan tak menampik hal tersebut.

" Informasinya begitu, tapi sekarang tim masih memadamkan di Kecamatan Dayun," beber Ihsan

3. Karhutla di Mengkapan, Sungai Apit Siak

Foto : Tim saat memadamkan api yang melahap lahan di Kampung Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, Siak, Riau/ IDN Times, Istimewa

Karhutla di Kampung Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, juga turut terbakar. Lokasinya tidak jauh dari konsesi PT Arara Abadi - APP Sinar Mas.

Masyarakat Peduli Api (MPA), pihak kepolisian dan Regu Pemadam Kebakaran (RPK) PT Arara Abadi -APP Sinar Mas berjibaku memadamkan api.

“Ya, saat ini kami tim fire PT Arara Abadi sedang berjibaku di lapangan, api di lokasi kebakaran sudah contain 70 persen,” kata Fire Marshal PT Arara Abadi (AA) APP Sinar Mas, Aidil Bakri.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya