TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Musim Hujan, BPBD Kota Batu Petakan Titik Rawan Bencana  

Berikan pelatihan mitigasi bencana pada warga   

Ilustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Batu, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, membuat rencana persiapan menyambut datangnya musim hujan. Salah satu persiapannya memetakan titik-titik rawan bencana untuk pencegahan.

Baca Juga: Info Wisata Selecta di Kota Batu: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

1. Sudah petakan titik-titik rawan bencana

Ilustarsi Puting Beliung (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan setidaknya ada 6 titik rawan bencana di Kota Batu. Masing-masing adalah Dusun Brau, Gunungsari dua titik, Dusun Lemahputih, Sumberbrantas dua titik, Dusun Besta, Tulungrejo satu titik dan Desa Sumberejo sati titik. Jenis bencana yang rawan terjadi di kawasan tersebut adalah tanah longsor. "Kami juga sudah melakukan penyusunan rencana penanggulangan bencana untuk meminimalisir jatuhnya korban lebih banyak," katanya Senin (13/9/2021). 

2. Bangun kesadaran masyarakat

Ilustrasi Bencana (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain memetakan titik-titik rawan bencana di Kota Batu, BPBD juga terus membangun kesadaran masyarakat melalui lomba desa dan kelurahan tangguh. Hal itu dilakukan agar masyarakat semakin memahami yang harus dilakukan ketika terjadi bencana. "Selain itu kami juga lakukan sosialisasi, edukasi, dan simulasi bencana alam bagi forum guru SLB se-Malang raya untuk pengurangan risiko bencana," tambahnya.

3. Pengecekan alat penanganan bencana

Dewanti Rumpoko saat berdiskusi dengan BPBD Kota Batu saat sidak wilayah rawan bencana. Dok/PUSDALOPS

BPBD juga mulai kembali melakukan inventarisir dan pengecekan alat-alat untuk penanganan bencana. Termasuk memastikan bahwa alat-alat tersebut berfungsi dengan baik. Kemudian juga melakukan pemantauan rutin terhadap Early Warning System (EWS) yang terpasang dititik-titik rawan bencana itu.

"Pengecekan peralatan penanganan bencana ini kami lakukan rutin secara berkala untuk antisipasi jika sewaktu-waktu diperlukan," sambungnya. 

Baca Juga: Sampah dari Jalan Cangar-Batu Menumpuk Sampai 5 Pikap

Verified Writer

Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya