TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Si Penyelamat Bunuh Diri Hingga Capim KPK, Ini 5 Polwan Berprestasi

Selamat Hari Polwan

instagram.com/@kikiwidyaas

Jakarta, IDN Times - Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Wanita (Polwan) Nasional yang jatuh setiap 1 September, patut menjadi momen untuk mengapresiasi polwan-polwan yang berprestasi. Karena di balik peran Polri, tentu tak lepas dari kontribusi dan dedikasi polwan. 

Berikut deretan polwan yang memiliki prestasi.

Baca Juga: Polwan Berhijab Amankan Harlah NU ke-73

1. Bripda Marselina Oktavianti, si penyelamat percobaan bunuh diri

instagram.com/@marselinaoktavianti

Bripda Marselina Oktavianti disapa Akiau, menjadi anggota polri sejak 2014. Akiau, begitu akrab disapa, bertugas di Polres Ketapang, Kalimantan Barat. Polwan keturunan Tionghoa ini mendapatkan segudang penghargaan, salah satunya dalam kejuaraan Pencak Silat. 

Akiau pernah meraih sejumlah medali pada kejuaraan Pencat Silat. Tak hanya itu, Akiau juga menerima penghargaan dari Komandan, Kapolres AKBP Yury Nurhidaya atas dedikasi melaksanakan tindakan Quick Response laporan masyarakat tentang percobaan bunuh diri. 

2. Briptu Hikma Nur Syafa, polwan berhijab pertama yang menjalankan misi kemanusiaan PBB di Afrika

instagram.com/@hikmanursyaa

Briptu Hikma Nur Syafa ditugasi Polri menjalankan misi kemanusiaan PBB di Bangui, Afrika Tengah. Sebelum dikirim ke Afrika, Briptu Ima bertugas sebagai Polisi Lalu Lintas (Polantas) di Bantul, Yogyakarta, 2013.

Briptu Ima panggilan akrabnya, terpilih dari 500 kandidat awal sebagai salah satu Polwan yang berhijab pertama menjalankan Misi Kemanusiaan PBB. Profesi sebagai polisi memang mengakar dari keluarganya, kakak perempuan Briptu Ima juga seorang polwan.

Dalam menjalankan tugasnya, Briptu Ima melalui unggahan akun Instagramnya mengatakan, perempuan harus mampu berdiri di atas kaki sendiri, dan melakukan kehidupan yang ingin dijalani.

3. Bripda Kiki Widya Sari, peraih peringkat satu misi Verifikasi New SIPP tingkat 4

instagram.com/@kikiwidyaas

Bripda Kiki Widya Sari, polwan yang sempat viral di Instagram ini tak hanya memiliki paras yang membuat pria jatuh hati, tapi juga memiliki sederet prestasi. Di antaranya mendapat peringkat satu atas Divisi Teknologi dan Informasi dalam misi Verifikasi New SIPP (Sistem Informasi Personel Polri) tingkat 4. Pada Pemilu 2019, dia juga turut menjadi tim pengamanan.

4. Kompol Syarifah Salfiah, peraih penghargaan polisi teladan tingkat Nasional 2019

antaranews.com

Komisaris Polisi Syarifah Salbiah adalah polwan peraih penghargaan harapan dua sebagai polisi teladan tingkat Nasional 2019. Ia berasal dari Satuan Polresta Pontianak Kota.

Kapolda Kalimantan Barat Didi Haryono menyebutkan, Kompol Syarifah dikenal sebagai polwan yang tidak kenal lelah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Maka itu, ia layak menerima penghargaan itu.

"Penyerahan penghargaan langsung oleh Kapolri dilaksanakan hari ini di Hotel JS Luwansa Jakarta Selatan. Dalam kegiatan itu juga turut mendampingi Wakapolda Kalbar, Brigjen (Pol) Sri Handayani, dan Karo Rena Polda Kalbar, Kombes (Pol) Agus Sunardi," ujar Didi Haryono, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Polri: Belum Ada Polwan Daftar Jadi Capim KPK

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya