TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Penyumbang Terbesar, Mayoritas TKI Jatim di Malaysia Tak Terdaftar

Padahal mereka pahlawan devisa.

ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Surabaya, IDN Times - Bekerja di luar negeri dengan cara menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) memang masih menjadi opsi bagi masyarakat Indonesia. Dari sekian banyak jumlah TKI, Jawa Timur menjadi salah satu penyumbang terbesar. Data Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI) menyebutkan bahwa julah TKI asal Jatim 77 ribu orang.

Baca juga: Promosikan Hiperseksualitas, Majalah Cosmopolitan Jadi Perdebatan

1. Blitar, Kediri, dan Tulungagung daerah penyumbang TKI di Jatim

ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Ketua DPD Apjati Jatim, Mazlan Mansyur, mengungkapkan beberapa daerah di Jawa Timur yang selama ini menjadi penyumbang terbesar di antaranya Blitar, Tulungagung, dan Kediri.

Ia berharap para TKI mendapatkan perhatian dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam peningkatan kapasitas TKI. "Supaya bisa bersaing dan layak ditempatkan di negara itu,” kata Mazlan.

2. TKI paling banyak memilih Malaysia

ANTARA FOTO/M. Rusman

Apjati menyebut salah satu tujuan favorit para TKI  saat ini adalah Malaysia. Menurut data di sistem komputerisasi tenaga Kerja Luar Negeri (SISKO-TKLN), TKI yang berangkat ke Negeri Jiran mencapai 8 ribu orang.

Sementara, dari data Ditjen Imigrasi, TKI yang masuk ke Malaysia dan mengantongi izin kerja sebanyak 28 ribu. Sehingga, ia menduga sebanyak 20 ribu TKI di Malaysia belum terdaftar.

Baca juga: Ini Empat Kejadian Menarik Saat Penutupan Hotel Alexis

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya