TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jusuf Kalla Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Jakob Oetama Kamis Besok

Jakob Oetama akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan

Ketua Palang Merah Indonesia, Jusuf Kalla saat bertemu dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Rabu (17/6). Dok.IDN Times/Istimewa

Jakarta, IDN Times - Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama, mengembuskan napas terakhirnya di RS Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Rabu (9/9/2020).  Corporate Communication Director Kompas Gramedia Rusdi Amral mengatakan, Jakob akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis (10/9/2020).

"Pemakaman rencana sekitar jam 13.00-14.00 WIB dengan inspektur upacara adalah Bapak Jusuf Kalla," ucap Rusdi di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara, hari ini.

Baca Juga: [BREAKING] Jakob Oetama, Pendiri Kompas Gramedia Group Meninggal Dunia

1. Bambang Soesatyo akan pimpin pelepasan jenazah

Ketua MPR Bambang Soesatyo (IDN Times/Santi Dewi)

Tak hanya itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo juga akan memimpin pelepasan jenazah Jakob Oetama dari tempat persemayamannya.

Jakob akan disemayamkan di Gedung Kompas Gramedia Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, sejak Rabu (9/9/2020) pukul 21.00 WIB hingga Kamis (10/9/2020) pukul 09.00 WIB. Sebelum disemayamkan, jenazah akan di bawa ke rumah duka di Jalan Sriwijaya No. 40 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di sana, akan digelar ibadah misa selama beberapa jam.

"Besok pagi rencananya jenazah akan dilepas oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Karena beliau (Jakob) mendapatkan Bintang Mahaputra oleh negara tahun 1973," ucap Rusdi.

2. Jakob Oetama sudah dirawat sejak 22 Agustus

Jakob Oetama (Dok. Kompas Gramedia)

Sebelumnya, Direktur RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara, Ronald Reagen mengatakan, Jakob Oetama sudah menjalani perawatan sejak 22 Agustus 2020.

"Saat 22 Agustus dirawat di kami pada saat awal masuk kritis dan lemah. Saat itu sudah perawatan maksimal. Selama perawatan sempat membaik, dengan berbagai faktor usia mungkin cukup sepuh akhirnya memang kondisi memburuk," kata Ronald Reagen seperti dilansir dari siaran Kompas Tv, hari ini.

Hal senada juga diungkapkan seorang dokter spesialis penyakit dalam di RS Mitra Keluarga, dr. Felix Prabowo Salim. Kesehatan jurnalis senior itu kian memburuk saat dirawat.

"(Jakob Oetama ada) Gangguan multi organ. Beliau mengalami perburukan. Sempat perbaikan, terjadi penurunan faktor usia dan kondisi yang memburuk," ucapnya.

Felix menegaskan, Jakob tidak terpapar virus corona atau COVID-19. "PCR swab dua kali dan hasilnya negatif," kata Felix.

Baca Juga: Jakob Oetama Tutup Usia, akan Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya