TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polisi: Ledakan di Mal Taman Anggrek Diawali Suara Mendesis Pipa Gas

Tidak ada korban jiwa akibat ledakan di mal Taman Anggrek

Twitter/@TantyDunn

Jakarta, IDN Times - Kapolres Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi mengatakan, ledakan yang terjadi di Mal Taman Anggrek (MTA), Jakarta Barat, diawali dari suara desisan pipa gas. Hengki mengaku mengetahui hal ini dari pernyataan seorang saksi yang mendengar suara mendesis dari pipa gas tersebut.

"Dengan metode deduktif, kami meminta keterangan saksi di seputaran TKP, bahwa sebelum terjadi ledakan terdengar suara mendesis, diduga gas bocor. Saksi mendengar ada suara mendesis di counter Soto Betawi, selanjutnya saksi mematikan handlegas tetapi suara desisan masih ada," kata Hengki saat dikonfirmasi, Rabu (20/2).

Baca Juga: Terjadi Ledakan di Mal Taman Anggrek, Ini Penyebabnya

1. Tidak ditemukan bahan peledak di lokasi kejadian

Twitter/@TantyDunn

Hengki menjelaskan, usai pihaknya menerima informasi itu, Polres Jakarta Barat mengirim tim Puslabfor dan Tim Gegana ke lokasi kejadian. Mereka semua diturunkan untuk mengecek ledakan tersebut. Dari hasil penyelidikan Puslabfor, Hengki mengaku, ledakan berasal dari counter soto Betawi.

"Hasil lidik Puslabfor bahwa ini adalah ledakan mekanik, karena itu dimulai dari terakumulasinya gas dalam ruang yang minim, kemudian dia tersedot blower dan akan picu ledakan apabila ada percikan api," ujarnya.

Hengki menambahkan, dari hasil pemeriksaan tim Gegana, dipastikan tidak ada bahan peledak yang ditemukan.

"Kemudian tadi sudah dilakukan cek ya, apakah ada bahan peledak di sana, ternyata tidak ditemukan. Artinya, ini bukan bom," jelas dia.

2. Tujuh pegawai counter Soto Betawi menjadi korban

Twitter/@TantyDunn

Sebelumnya, enam orang telah dipastikan menjadi korban dalam peristiwa ledakan tersebut. Hengki mengungkapkan, ledakan itu mengakibatkan enam orang pegawai counter soto Betawi terluka. Keenam korban telah dibawa ke Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta Barat untuk mendapatkan tindakan medis.

"Ternyata data awal kan memang 6 korban ya, kita pastikan ternyata di sini ada 7 korban, namun yang 2 kembali, saat ini yang ada di sini 4 korban dan 1 korban dalam perjalanan dipindahkan dari RS Sumber Waras," jelas Hengki.

"Korban jiwa nihil, ada korban luka dan sudah ditangani, sudah dibawa ke rumah sakit," tambahnya.

3. Ledakan mengakibatkan 12 counter dan 2 restoran rusak

Twitter/@Radit_Delarocha

Hengki menuturkan, ledakan yang terjadi di food court MTA tersebut mengakibatkan kerusakan pada sejumlah counter. Total ada 12 counter yang rusak akibat ledakan tersebut.

"Ada 12 counter dan 2 restoran yang rusak," tuturnya.

Baca Juga: Terjadi Ledakan saat Debat Capres, Pendukung Jokowi Dipanggil Polisi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya