TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rumah Sakit Pendidikan Ukrida Siap Tangani Pasien COVID-19

Moeldoko akan koordinasikan tawaran Ukrida ke BNPB

Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Jakarta, IDN Times - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) berinisiatif meminjamkan rumah sakit pendidikan di lingkungan kampusnya. Hal ini diungkapkan Rektor Ukrida, Wani Devida Gunardi, ketika bertemu dengan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

“Kami ingin mengambil peran lebih lanjut untuk membantu pemerintah tanggulangi COVID-19,” ungkap Wani di Kantor Staf Presiden, Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa (24/3).

Baca Juga: Ini 5 Rumah Sakit Isolasi dan 32 Puskesmas untuk COVID-19 di Langkat

1. RS Ukrida memiliki fasilitas untuk melayani pasien rawat inap

Ilustrasi Alat Pelindung Diri (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Wani menjelaskan, RS tersebut telah selesai pembangunannya. Namun, belum beroperasi. RS Ukrida kata Wani, sudah memiliki fasilitas dan peralatan untuk melayani pasien rawat inap.

"Izin operasional saat ini sedang dalam proses di Dinas Kesehatan DKI Jakarta," katanya.

2. Moeldoko akan koordinasikan tawaran Ukrida ke BNPB

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 12 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sementara itu, Moeldoko sangat mengapresiasi adanya inisiatif itu. Rencananya, tim dari KSP akan berkoordinasi ke BNPB sebagai Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, terkait tawaran Ukrida.

“Nanti akan kami komunikasikan dengan BNPB, selain itu akan ada tim dari KSP yang akan melihat lokasi. Sehingga, akan diketahui nantinya akan difungsikan sebagai apa,” ujar Moeldoko.

3. Ini fasilitas di RS Ukrida

Ilustrasi Alat Pelindung Diri (Dok. Humas Pemprov Jateng)

RS Ukrida yang berlokasi di Kebon Jeruk Jakarta Barat tersebut memiliki fasilitas dan sarana yang cukup memadai. Untuk ruang rawat inap tersedia sebanyak total 278 tempat tidur, disertai ruang isolasi.

Selain itu, untuk konfigurasi rawat intensif tersedia sekitar 42 tempat tidur berupa ruangan HCU, ICU, ICU isolasi dan lainnya. Kemudian, untuk konfigurasi Instalasi Gawat Darurat terdiri dari 11 tempat tidur dan dilengkapi ruang isolasi.

Kesiapan RS Ukrida ini menambah daftar tempat rujukan untuk menangani pasien corona COVID-19. Beberapa hari lalu, pemerintah menyiapkan RS darurat yaitu di Wisma Atlet, Kemayoran.

Baca Juga: Ikatan Dokter: Tenaga Medis Mulai Kewalahan Tangai Virus Corona

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya