TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Surya Anta Ginting Dikabarkan Sakit Hingga Tuli, Ini Respons Polisi

Polri mengklaim Surya Anta telah mendapat perawatan

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta, IDN Times - Enam Tersangka kasus dugaan makar yang ditahan di rumah tahanan (Rutan) Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, dikabarkan mengalami penurunan kesehatan. Salah satunya, Juru Bicara Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP), Surya Anta Ginting.

Bahkan, menurut Pendeta Suarbudaya Rahadian, Surya Anta mengalami tuli sementara.

Lantas, bagaimana tanggapan pihak kepolisian?

Baca Juga: Ditempatkan di Sel Isolasi, Surya Anta Sempat Depresi

1. Polda Metro: Di Mako Brimob ada dokter yang mengecek kesehatan tahanan

IDN Times/Axel Jo Harianja

Menanggapi kabar tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, setiap tahanan yang ada di Mako Brimob maupun Polda Metro Jaya, ada dokter yang akan mengecek kesehatan.

"Misalnya dia ada keluhan apa, tentu akan mengecek. Misalnya nanti memang harus dirujuk, kita akan rujuk ke RS Polri Kramat Jati," kata Argo di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (8/10).

Argo menambahkan, berkas perkara kasus makar Surya Anta, juga telah diserahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Sudah sekitar dua minggu lalu (berkas diserahkan)," katanya.

2. Polri: Surya Anta telah mendapat perawatan

IDN Times/Axel Jo Harianja

Dikonfirmasi terpisah hari ini, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan, setiap orang yang ditahan, memiliki hak untuk menerima perawatan. Hal itu, kata Asep, juga telah diatur oleh Undang-Undang (UU).

"Untuk saudara Anta, tadi informasi yang saya dapat beberapa waktu lalu yang bersangkutan memang sakit dan sudah diobati oleh tim Dokter Kesehatan (Dokkes)Polri," jelas Asep di Hotel Amarossa, Jakarta Selatan.

Asep menambahkan, tim Dokkes dari Polri hingga saat ini, masih mampu menangani keluhan-keluhan yang dihadapi para tahanan.

"Jadi, belum dipandang perlu untuk berobat keluar. Karena, tim Dokkes kita juga dilengkapi dokter ahli dan alat-alat yang paten," tegas Asep.

Baca Juga: Jubir West Papua Surya Anta Ditahan di Ruang Isolasi? Ini Kata Polisi 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya