TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Buat Kolam Ikan, Pria di Tulungagung Temukan Dua Arca

Temukan juga batu bata besar dan bokor sesajen

Ahsin Azhari bersama dua arca yang ditemukannya, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Tulungagung, IDN Times - Dua buah arca yang diduga merupakan benda cagar budaya, ditemukan oleh Ahsin Azhari (38) warga Desa Banjarsari, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung. Arca tersebut ditemukan saat Ahsin hendak membuat kolam ikan, di halaman belakang rumahnya. Selain arca sejumlah benda diduga cagar budaya lain seperti umpak, bokor dan batu bata berukuran besar, juga ditemukan di sekitar lokasi.

Baca Juga: Geger Temuan Arca Dewa Trisula di Bandungan Semarang, Wajah Mengelupas

1. Alat berat membentur benda saat menggali kolam

Arca yang ditemukan di Tulungagung, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Penemuan ini berawal saat sejumlah pekerja membuat kolam ikan dengan menggunakan alat berat pada Selasa (16/2/2021) kemarin. Saat melakukan penggalian alat berat tersebut membentur sebuah benda.

Pekerja lalu melaporkan temuan ini ke Ahsin. Setelah dilakukan pengecekan ternyata benda tersebut merupakan arca. Bagian kaki arca ini patah terkena benturan alat berat. "Saat ditemukan posisi arca dalam keadaan tengkurap, bagian wajah arca di bawah," ujarnya, Rabu (17/2/2020).

2. Pembuatan kolam ikan langsung dihentikan

Tumpukan batu bata berukuran besar di lokasi penemuan arca, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Setelah menemukan arca ini, Ahsin meyakini masih ada arca lain. Setelah dilakukan penggalian mereka menemukan satu arca lagi yang berukuran relatif kecil dari sebelumnya.

Selain itu, mereka juga menemukan sejumlah batu bata berukuran besar, serta beberapa benda lain seperti umpak dan bokor tempat sesajen. "Setelah itu proses pembuatan kolam saya hentikan sementara pasca temuan ini," imbuhnya.

Baca Juga: Dua Fragmen Arca Kala Ditemukan di Halaman Belakang Warga Tulungagung

Verified Writer

Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya