TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Serba-serbi PSI, Partai Para Millennials di Pemilu 2019

Diisi anak muda, PSI juga banyak janji segar

Ilustrasi bendera PSI (psi.id)

Jakarta, IDN Times – Partai millennial, dan tentu menggaet suara millennial, itulah yang dilakukan Grace Natalie bersama Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Memutuskan hengkang dari ranah jurnalisme, Grace Natalie memantapkan diri membangun dan menyiapkan PSI bertarung dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Grace tak sendiri. PSI diperkuat oleh beberapa orang anak muda dalam struktur organisasi, di samping Grace Natalie yang menjabat sebagai ketua umum. Partai ini resmi didirikan pada, 16 November 2014.

Tsamara Amany dan Raja Juli Antoni menemani Grace Natalie memimpin PSI. Posisi Ketua DPP diemban Tsamara, sedangkan Raja Juli dipercaya menjabat Sekretaris Jenderal PSI.

Baca Juga: Grace Natalie Yakin Pernyataan Soal Perda Syariah Tak Ganggu Koalisi

1. Terbuka dan progresif, itu adalah semangat PSI

Twitter PSI

Melalui laman resmi PSI, mereka menerangkan partai politik anak muda ini merupakan kekuatan politik baru yang ingin mengembalikan politik ke tempat terhormat. PSI menyatakan kehadiran PSI lahir dari kesadaran bahwa politik adalah tugas mulia demi mewujudkan kebahagiaan semua orang.

2. PSI mengedepankan kebajikan

IDN Times/Fadli Syahputra

Meski lahir di zaman modern, PSI ternyata mengedepankan kebajikan sebagai salah satu dari 4 nilai dasar karakter khas PSI. Mereka mengamini politik adalah kebajikan, sumber kebaikan bagi kepentingan orang banyak.

Tiga nilai dasar PSI yaitu keragaman, keterbukaan, dan meritrokrasi. PSI memilih keragaman lantaran menilai itu dapat menjadi sumber kekuatan Indonesia. Persamaan agama, etnik, bahasa, dan pengalaman sejarah dinilai PSI bukanlah ikatan emosional kuat. 

Perekat solidaritas bagi PSI yaitu adanya rasa saling ketergantungan ke luar, menjembatani hubungan setara antar-kelompok.

Sementara terkait keterbukaan, PSI menilai adalah prinsip utama yang memungkinkan Indonesia menjadi warga dunia yang setara dan sama demi kemakmuran, serta perdamaian dunia. Sedangkan untuk meritrokrasi, PSI memiliki janji bakal berupaya mewujudkan kondisi yang memungkinkan setiap orang memperoleh keadilan.

Baca Juga: Gaet Suara Millennials di Pemilu, Ini Cara Unik yang Dilakukan PSI

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya