TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Besok, Tower 8 RSD Wisma Atlet Pademangan Dibuka untuk Pasien COVID-19

Hanya untuk pasien OTG dan ringan

Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat (IDN Times/Besse Fadhilah)

Jakarta, IDN Times - Pemerintah mulai membuka Tower 8 Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Pademangan, Jakarta, untuk menampung pasien COVID-19 tanpa gejala atau orang tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan.

Menurut Koordinator Rumah Sakit Darurat (RSD) COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Mayjen Tugas Ratmono, pihaknya membuka Tower 8 RSD Wisma Atlet Pademangan karena tren kenaikan pasien OTG terus meningkat. Untuk mengantisipasi lonjakan inilah Tower 8 yang berkapasitas 1.548 pasien dibuka.

"Kita saat ini masih finalisasi, mudah-mudahan hari ini sudah rampung, paling lambat besok pagi," ujarnya dalam tayangan Youtube BNPB, Senin (28/9/2020).

Baca Juga: Haru! Balita 2 Tahun Menangis Sendiri di Ruang Isolasi RS Wisma Atlet 

1. Tower 4 RSD Wisma Atlet Kemayoran sudah terisi 90 persen

Suasana Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, saat malam hari. IDN Times/Reynaldi Wiranata

Tugas mengungkapkan, RSD Wisma Atlet Kemayoran sebenarnya masih bisa menampung pasien COVID-19, namun pihaknya tetap mempersiapkan agar bisa menampung pasien isolasi mandiri jika ada lonjakan kasus.

Tugas menerangkan, tingkat keterisian Tower 4 Wisma Atlet saat ini sudah mencapai 90 persen, sedangkan Tower 5 masih 39 persen per pukul 06.00 WIB.

"Tren memang meningkat, tapi tiap hari ada pasien yang masuk dan keluar Wisma Atlet, jadi sebenarnya (Tower) 4 dan 5 masih bisa menampung, tapi kita harus betul-betul persiapkan supaya nanti bisa menampung pasien untuk isolasi mandiri," ujarnya.

2. Fasilitas-fasilitas di Tower 8 RSD Pademangan

Suasana saat IBS jalani isolasi mandiri di Wisma Atlet, Kemayoran. Dok. IDN Times/Istimewa

Tugas menegaskan, fasilitas di Tower 8 RSD Wisma Atlet Pademangan sama dengan di Kemayoran yakni wifi, kamar ber-AC, fasilitas olahraga, dan fasilitas untuk berkomunikasi.

"Kami juga siapkan tim psikologi dan tim khusus di Tower 8 untuk meningkatkan psikis pasien saat isolasi. Selain itu, juga penuhi kebutuhan nutrisi," ujarnya.

Baca Juga: Penuh! 4.669 Pasien COVID-19 Dirawat di Wisma Atlet dan Pulau Galang

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya