TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

[CEK FAKTA] Viral Video Kepanikan Penumpang Sriwijaya Sebelum Jatuh

Video turbulensi hebat di pesawat viral di TikTok, faktanya?

Tim Penyelam yang ditugaskan untuk mencari bagian bodi pesawat Sriwijaya Air SJY 182 pada Selasa (12/1/2021) (IDN Times/Aldila Muharma)

Jakarta, IDN Times - Sebuah video diklaim menunjukkan kepanikan penumpang pesawat Sriwijaya Air SJY182 sebelum jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu 9 Januari Januari 2021 viral di media sosial

Video yang beredar di platform TikTok memperlihatkan kepanikan penumpang dengan berteriak, dan nampak barang-barang terlihat jatuh dari kompartemen di atas kursi.

“Suasana dalam pesawat yg jatoh kemarin astagfirullah aladzim,,,,ya Allah,,,," tulis narasi dalam video tersebut.

Lalu benarkah di dalam video tersebut merupakan penumpang pesawat Sriwijaya Air SJY 182?

Baca Juga: KNKT Umumkan Hasil Investigasi Awal Sriwijaya Air Bulan Depan

1. Video tersebut adalah turbulensi dalam pesawat ALK Airlines

Ilustrasi Pesawat. (IDN Times/Arief Rahmat)

Dilansir dari laman Kominfo, video yang menunjukkan kepanikan penumpang pesawat Sriwijaya Air SJY 182 sebelum pesawat tersebut jatuh adalah tidak benar.

Dikutip dari Russian Today (RT), video tersebut merupakan turbulensi pada pesawat ALK Airlines, rute Kosovo ke Swiss, Minggu, 16 Juni 2019.

Video turbulensi berdurasi 30 detik ini memperlihatkan seorang pramugari terlempar hingga ke langit-langit kabin. Menurut juru bicara EuroAirport, 10 penumpang dikirim ke rumah sakit setempat di Basel dan menderita luka ringan.

Jadi, video yang dinarasikan suasana dalam pesawat Sriwijaya SJY 182 salah.

2. Pesawat Sriwijaya Air SJY 182 jatuh 9 Januari 2021

Situasi di lokasi jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada Minggu (10/1/2021) (IDN Times/Muhammad Iqbal)

Diketahui, pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJY 182 yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta Tangerang menuju Bandara Supadio Pontianak hilang kontak pada Sabtu, 9 Januari 2021 sekitar pukul 14.40 WIB. Diduga, pesawat jatuh di sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. 

Pesawat jenis Boeing 737-500 tersebut mengangkut 62 orang, terdiri dari 40 penumpang dewasa, tujuh anak-anak, dan tiga bayi, serta 12 kru pesawat.

Baca Juga: KNKT: Mesin Masih Hidup Sampai Pesawat Sriwijaya Air Membentur Air

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya