TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Curhat Pasien Didiagnosis Autoimun, Ternyata Hanya Kurang Vitamin D

Layanan fasilitas kesehatan di Indonesia tengah disorot

Ilustrasi nakes di ruang IGD (ANTARA FOTO/Fauzan)

Jakarta, IDN Times - Layanan kesehatan di Indonesia belakangan ini menjadi sorotan setelah komedian sekaligus stand up comedy, Kiky Saputri, mengeluhkan penanganan dokter di Indonesia, kini publik ramai-ramai membandingkan layanan kesehatan dengan negara tetangga.

Salah satunya Niken Tantyo Sudharmono yang mengaku tersindir dengan ucapan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang pernah mengatakan bahwa dia malu jika ada Warga Negara Indonesia berobat di Luar Negeri.

"Saya termasuk orang yang tersindir lo dengan ungkapan pak Menkes, karena saya jalani pengobatan di luar negeri yang tadinya di Indonesia, gak macam-macam lho, yang saya pakai bukan dokter sembarangan, pastinya dokter-dokter yang top di sini," ujar menantu mantan Wakil Presiden Sudharmono, di media sosial TikTok miliknya dikutip Senin (13/3/2023).

 

Baca Juga: Jokowi: 2 Juta Warga Indonesia Masih Berobat ke Luar Negeri

1. Niken didiagnosis tidak bisa sembuh

ilustrasi perempuan yang mengidap autoimun (pexel.com/Pixabay)

Niken mengatakan saat itu dokter yang memeriksa menyatakan bahwa dia menderita dua autoimun yang mengharuskan untuk berobat seumur hidup.

"Saya gak bisa sembuh lho Pak Menteri, lalu saya gak terima dan saya bolak-balik ke Singapura," imbuhnya.

3. Hasil tes kesehatan di Singapura hanya kekurangan vitamin

Ilustrasi tenaga medis bersiaga untuk pasien virus corona. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)

Dia menceritakan saat berobat di Singapura, Niken diminta melakukan tes dari awal, namun untuk mempersingkat Niken membawa hasil tes yang dilakukan oleh dokter di Indonesia.

"Tapi dikatakan ah itu tidak bisa di percaya, saya tes ulang yang tidak mengeluarkan biaya yang sedikit, dan hasilnya bikin malu, saya hanya kekurangan vitamin D," ujarnya.

"Lalu saya diajarkan pola makan, diajarkan cara minum suplementasi, perbaikan leaky gut segala macam, alhamduliah saya sehat," imbuhnya 

 

Baca Juga: Mertua Kiky Saputri Berobat Stroke Kuping ke Luar Negeri, Ini Kata IDI

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya