TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dewan Pers Sudah Serahkan Publisher Right ke Presiden Jokowi

Publisher Right diharapkan cepat selesai

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu dalam konferensi pers di Gedung Dewan Pers, Jumat (3/3/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengungkapkan pihaknya sudah menyerahkan draft Peraturan Presiden (Perpres) Publisher Right ke Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Dia berharap Perpres tersebut bisa selesai secepatnya.

"Merespons pidato Bapak Presiden bahwa diharapkan akan segera dikeluarkan Perpres yang mengatur tentang publisher right yang ingin memberikan rasa keadilan bagi teman media dengan media platform. Dewan Pers sudah menyampaikan draftnya ke Presiden," ujar Ninik saat jumpa pers di Kantor Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (3/3/2023).

Baca Juga: Pesan Jokowi ke Dewan Pers: Jangan Hanya Ngomong Kebebasan Pers

1. Kominfo fasilitasi Dewan Pers

Kantor pusat Kementerian Kominfo di Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat (Dok.kominfo.go.id)

Ninik mengatakan saat ini Dewan Pers juga tengah melakukan pembahasan bersama pihak terkait yang difasilitasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia sebagai kementerian yang ditunjuk.

"Proses yang saat ini kita lakukan adalah pembahasan yang difasilitasi oleh Kemenkominfo sebagai kementerian yang ditunjuk untuk melakukan izin prakarsa dan mudah-mudahan di minggu ini berharap sudah dapat diselesaikan," ujarnya.

2. Perpres ini tidak tidak melenceng dari UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers

Ilustrasi Pers (IDN Times/Mardya Shakti)

Ninik berharap  agar nantinya Perpres ini tidak tidak melenceng dari UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

"Mudah-mudahan kita berharap ini sudah diselesaikan. Tapi catatan terpenting, bahwa pengaturan terkait publisher right, harus diletakkan pada domain kewenangan dan pengelolaan media perusahaan Pers sesuai dengan UU 40 tahun 199," imbuhnya.

 

Baca Juga: Dewan Pers Minta DPR Kaji Ulang Pasal RKUHP yang Ancam Kebebasan Pers

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya