TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Haru, Risma Temui Ojol Difabel Pakai Kaki Palsu dari Knalpot Bekas

Dua anak pengemudi ojol juga menderita sakit serius

Mensos Risma Bantu Motor Roda 3 untuk Pengemudi Ojol dengan Kaki Teramputasi (dok. Kemensos)

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Tri Rismaharini menemui pengemudi ojek online Herry Gunawan (47), yang viral karena tetap bekerja dengan kaki palsu dari knalpot bekas usai kaki kanannya diamputasi. Mirisnya, dua anak Herry juga menderita penyakit serius.

Risma dan rombongan tiba di rumah Herry di kawasan Kelurahan Kali Mulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jumat (11/3/2022). Awalnya, Risma hanya membantu Herry yang harus menghidupi keluarganya dengan satu kaki.

Namun, dalam perbincangan, Risma mendapati dua anak Herry ternyata juga menderita sakit serius.

“Saya dapat laporan dua anak Pak Herry juga perlu mendapat perhatian. Kemudian saya meminta bantuan Kitabisa, karena Kemensos tidak bisa mengalokasikan anggaran yang memang tidak terencana dan pastinya butuh dana besar,” kata Risma dalam siaran tertulisnya.

Baca Juga: Risma Salurkan Donasi untuk Anak Penderita Kanker di Jakarta

1. Dua anak Herry menderita penyakit serius

Mensos Risma Bantu Motor Roda 3 untuk Pengemudi Ojol dengan Kaki Teramputasi (dok. Kemensos)

Diketahui dua anak Herry, Revi Azriel Gunawan (21) menderita kelenjar getah bening dan Naura Rahmadhina (18) menderita leukemia. Kemensos melalui Unit Pelayanan Teknis (UPT) melakukan asesmen lebih jauh terhadap keluarga Herry.

Risma menyatakan, awalnya Herry berprofesi sebagai pengemudi ojol, Kemensos akan menawari bantuan motor roda tiga sebab sang istri Evi istri Herry berjualan makanan.

“Jadi akhirnya kita bantu karena alat yang sesuai dengan kebutuhan dan membantu keseharian mereka. Alhamdulillah ini sesuai dengan keinginan Pak Herry,” kata Risma.

2. Risma tawarkan rumah susun untuk keluarga Herry

Mensos Risma Bantu Motor Roda 3 untuk Pengemudi Ojol dengan Kaki Teramputasi (dok. Kemensos)

Risma mengungkapkan Herry saat ini menempati rumah kontrakan, yang dua bulan belum dibayar sewanya. Ia pun menawarkan agar keluarga Herry bersedia pindah ke rumah susun yang sudah disiapkan pemerintah untuk keluarga kurang mampu.

“Ke depan saya juga menawarkan Pak Herry untuk tinggal di rumah susun yang sekarang ini sudah hampir final. Dua bulan lagi sudah bisa ditempati,” kata Risma.

3. Kemensos berikan pengobatan gratis anak Herry

Mensos Risma Bantu Motor Roda 3 untuk Pengemudi Ojol dengan Kaki Teramputasi (dok. Kemensos)

Secara umum, Kemensos melalui UPT memberikan berbagai bantuan kepada keluarga Herry. Hasil asesmen menunjukkan, kondisi kaki Herry baik tungkai kiri maupun stump kanan bawah lutut dalam keadaan baik.

Kemensos melalui Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta memberikan bantuan protese kaki kanan bawah lutut. Sentra Terpadu Soeharso juga berkoordinasi dengan Pemkot Depok untuk memberikan akses layanan pengobatan gratis bagi Revi Azriel dan Naura Rahmadhina.

“Mereka akan kita berikan akses juga juga kepada program bansos. Datanya akan dibantu untuk dimasukkan ke DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), serta diusulkan oleh Dinsos Kota Depok untuk mendapatkan KIS (Kartu Indonesia Sehat),” kata Risma.

4. Kemensos salurkan beragam bantuan untuk Herry dan keluarga

Mensos Risma Bantu Motor Roda 3 untuk Pengemudi Ojol dengan Kaki Teramputasi (dok. Kemensos)

Sementara Sentra Pangudi Luhur Bekasi memberikan bantuan modal usaha bagi istri Herry berupa peralatan pembuatan kue yakni oven gas, mixer, blender, loyang, cetakan kue, kompor gas, serta bahan-bahan kue dengan nilai total Rp 5,5 juta.

Selain itu, juga diberikan kebutuhan sembako berupa beras, minyak, kecap, sarden, kornet, telor dan kue wafer seharga Rp700 ribu. Bantuan lain berupa pembayaran uang kontrakan selama dua bulan sebesar Rp1,6 juta dan bantuan kasur seharga Rp4,5 juta.

Kemensos juga memberikan penguatan serta pendampingan yakni bantuan motor roda tiga dari Sentra Terpadu Inten Soeweno Cibinong dan bantuan Rp10 juta dari Ditjen Pemberdayaan Sosial untuk kewirausahaan.

“Dengan bantuan motor diharapkan dapat menunjang mobilitas Herry dan selanjutnya dapat meningkatkan penghasilannya,” kata Risma.

Sementara anak-anak Herry, diberikan laptop untuk Naura seharga Rp7 juta paket sandang untuk Naura dan Revi seharga Rp3,5 juta kebutuhan dasar dan nutrisi seharga Rp1,5 juta, dan peralatan kebersihan diri seharga Rp7 ribu.

Baca Juga: Mensos Risma Sebut Bansos Sembako 2022 Bisa Dicairkan secara Tunai 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya