TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Heru Minta Anak-anak Pakai Baju Panjang untuk Cegah Demam Berdarah

Tercatat 500 kasus DBD di Jakarta Selatan

Pj. Gubernur DKI Jakarta kunjungi sembako murah jelang lebaran di Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (25/3/2024). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Jakarta, IDN Times – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengungkapkan kasus demam berdarah dengue (DBD) di Jakarta mengalami kenaikan. Kenaikan tertinggi berada di Jakarta Selatan (Jaksel).

Hal ini diungkapkan Heru Budi usai menghadiri kegiatan sembako murah di GOR Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (25/3/2024). 

"Tensinya kecenderungannya naik, terutama di Jaksel sudah kurang lebih 500 (kasus)," ucapnya.

1. Warga dan pemerintah atasi bersama

Jentik atau telur nyamuk Aedes aegypti (IDN Times/Dhana Kencana)

Budi mengimbau agar warga Jakarta bersama pemerintah bersama-sama mengantisipasi kasus DBD yang cenderung naik dengan menjaga kebersihan bersama.

"Kalau bisa masyarakat bersama-sama juga menyemprot, jaga kebersihan, baju-baju di rumah itu jangan digantung terlalu lama dan bisa bersama-sama dengan pemerintah daerah per keluarga itu mengantisipasi DBD," katanya.

Baca Juga: 11 Pasien DBD di KBB Meninggal Dunia, Rumah Sakit Penuh

2. Imbau kenakan pakaian panjang dan lotion

Ilustrasi nyamuk demam berdarah (freepik.com/jcomp)

Heru juga meminta agar anak-anak menggunakan pakaian lengan panjang dan celana panjang, serta mengimbau warga menerapkan 3M yakni menguras tempat penampungan air; menutup tempat penampungan air; mendaur ulang berbagai barang yang berpeluang dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti.

"Kalau anak-anak keluar menggunakan pakaian lengan panjang, pakai celana panjang, menggunakan obat-obatan, lotion anti nyamuk ya," imbuhnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya