TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jakarta Macet Saat PPKM Darurat, Menkes: Masyarakat Tak Bisa Disiplin!

Pandemik akan sulit dikontrol jika tak disiplin

Macet di Tol Jakarta Inner Ring Road pada hari ketiga pelaksanaan PPKM pada Senin (5/7/2021). (IDN Times/William Utomo)

Jakarta, IDN Times - Kemacetan di beberapa lokasi di Jakarta terjadi pada hari ketiga penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali, Senin (5/7/2021). Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pun turut berkomentar.

Ia prihatin dengan kemacetan tersebut. Sebab, menjadi pertanda masyarakat tidak bisa diminta untuk berdisiplin. Padahal menurutnya kenaikan kasus COVID-19 terjadi karena pergerakan masyarakat.

"Saya masih melihat jalan-jalan di Jakarta yang sudah mengimplementasikan PPKM Darurat masih macet, ke PPKM Darurat masih juga macet, sampai beberapa teman-teman kita terlambat untuk hadir," ujar Budi Gunadi.

Baca Juga: PPKM Darurat, Tol Dalam Kota Macet Parah karena Pintu Keluar Ditutup

1. PPKM Darurat untuk mengontrol mobilitas

Anggota Satlantas Polres Metro Depok melakukan putar balik kendaraan di Jalan Raya Bogor, pada penerapan PPKM Darurat di Kota Depok. (Istimewa)

Budi menegaskan tujuan PPKM Darurat diterapkan mengontrol pandemik COVID-19 di Tanah Air. Yakni, dengan menghambat mobilitas masyarakat.

"Saya rasa memang ini yang sangat penting tidak mungkin kita bisa mengontrol pandemik ini kalau kita tidak disiplin. Adanya PPKM Darurat, 3 sampai 20 Juli, tujuan kita memang menghambat mobilitas, mempersulit mobilitas," tegasnya.

2. Penyekatan PPKM Darurat timbulkan kemacetan

Penyekatan arus lalu lintas saat hari kedua PPKM Darurat pada Minggu (4/7/2021). (IDN Times/Sachril Agustin Berutu)

Diketahui, hari ketiga PPKM Darurat menimbulkan kemacetan di tol dalam kota Jakarta. Hal tersebut terjadi karena pintu keluar tol di DKI Jakarta ditutup.

09.32 WIB, Polri melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dalam rangka Penyekatan di Exit Tol Semanggi,” tulis informasi yang diunggah akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, Senin (5/7/2021).

Berdasarkan pantauan IDN Times, kemacetan terpantau mengular dari sejak Cawang menuju arah Senayan. Hal tersebut terjadi karena pintu keluar tol Tebet, Gatot Subroto, dan Senayan ditutup.

09.21 WIB, Polri melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dlm rangka Penyekatan di Exit Tol Depan DPR MPR,” ujar TMC Polda Metro Jaya.

Baca Juga: [FOTO] Pos Penyekatan PPKM Darurat Lenteng Agung Dijaga Barracuda

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya