TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kemenkes: 28 Anak Keracunan Chiki Ngebul Sudah Sehat

Kemenkes imbau orang tua selektif pilih makanan

ilustrasi jajanan ciki ngebul yang diolah dengan nitrogen cair (freepik.com/jcomp)

Jakarta, IDN Times - Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan saat ini kondisi 24 anak yang diduga keracunan jajanan 'chiki ngebul' berbahan nitrogen sudah sehat.

"Semua sehat karena yang di Tasikmalaya ini kejadiannya November dan yang Bekasi peristiwanya 21 Desember kemarin, jadi semua sudah sehat," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Senin (9/1/2023).

Baca Juga: 28 Anak Jadi Korban Chiki Ngebul, Kemenkes Keluarkan Edaran

1. Selektif pilih makanan

Juru bicara vaksin dari Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi (Tangkapan layar YouTube Kemenkes)

Nadia mengimbau agar orang tua lebih selektif memilih makanan untuk anak, sebaiknya pilih makanan yang bergizi karena usia anak masih masa pertumbuhan.

"Makanan seperti ini sebaiknya dihindari karena sudah dilaporkan ada kejadian yang berdampak terhadap kesehatan," katanya.

2. Kemenkes keluarkan SE pada faskes

IDNTimes/Holy Kartika

Dampak peristiwa tersebut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan surat edaran berisi instruksi, agar dinas kesehatan kabupaten/kota dan rumah sakit, segera melaporkan temuan kasus keracunan jajanan nitrogen cair atau 'chiki ngebul' di wilayah masing-masing.

"Kepada Dinkes provinsi, kabupaten/kota dan rumah sakit agar melaporkan jika ditemukan kasus keracunan pangan akibat konsumsi jajanan chiki ngebul kepada Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan," demikian kutipan surat edaran tersebut dikutip, Jumat (6/1/2023).

Baca Juga: Kemenkes: Pemerintah Masih Evaluasi Skema Pembiayaan Pasien COVID-19

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya