TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kominfo Bangun BTS 4G di Papua Barat

Semua BTS 4G di Papua Barat akan on air secara bertahap

Menkominfo, Johnny G. Plate (kominfo.go.id)

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun infrastruktur telekomunikasi di Papua Barat. Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo tentang percepatan transformasi digital nasional.

“Pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G merupakan bagian penting dari arahan Presiden Joko Widodo dalam agenda percepatan transformasi digital nasional,” ujar Johnny dalam siaran tertulisnya, Kamis (06/10/2021).

Baca Juga: Perjuangan Guru Pedalaman Mengajar secara Online Tanpa Akses Internet

1. BTS 4G diresmikan di dua kabupaten

Ilustrasi Pulau Papua (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Johnny, layanan BTS 4G di Papua Barat ditandai dengan dimulainya peresmian BTS 4G yang telah on air di dua kabupaten. Layanan mencakup Desa Isiren, Kecamatan Rumberpoon dan Desa Siresi, Kecamatan Soug Jaya, di Kabupaten Teluk Wondama, serta Desa Kasi Indah, Kecamatan, Kasi Kabupaten Tambrauw.

“Setelah infrastrukturnya tersedia, tentu pesan Bapak Presiden ini dijaga dengan baik. Bukan hanya dijaga oleh Kominfo atau kontraktor, tapi dijaga bersama-sama dengan masyarakat, karena itu menggunakan APBN, uang rakyat. Jadi kita jaga bersama-sama,” ajaknya.

2. Ada 824 BTS 4G di Papua Barat yang telah dibangun

IDN Times/Daruwaskita

Johnny memaparkan di Papua Barat terdapat 824 BTS 4G yang telah dibangun. Keberadaan layanan BTS 4G ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam pengembangan tata ruang dan pembangunan daerah.

“Rapat koordinasi kita hari ini tidak saja untuk menentukan titik lokasi pembangunan BTS (berikutnya), tetapi juga menjadi acuan pengembangan tata ruang dan pembangunan daerah,” harapnya.

3. Semua BTS 4G akan on air secara bertahap

Ilustrasi belajar daring dari rumah (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Menkominfo juga meminta koordinasi dan penataan ruang pembangunan daerah memperhatikan ketersediaan cakupan sinyal 4G, yang menjadi aktifitas saat ini dan masa depan masyarakat.

“Jangan sampai lagi setelah ini dibangun anak sekolah nyari sinyal naik pohon, para ibu-ibu pengusaha, UMKM kita harus naik gunung untuk cari sinyal. Jangan sampai itu terjadi lagi,” imbuhnya.

Peresmian itu menandai dimulainya layanan BTS 4G di 4.200 lokasi yang dibangun BAKTI Kementerian Kominfo pada 2021. Semua BTS 4G akan on air secara bertahap.

Baca Juga: Kominfo Akui PeduliLindungi Terinspirasi dari TraceTogether Singapura

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya