TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menko PMK: Siswa Belajar di Sekolah Kemungkinan Mulai Awal 2021

#NormalBaru dan #HidupBersamaCorona

Ilustrasi siswa SD (IDN Times/Khaerul Anwar)

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memperkirakan, kegiatan belajar mengajar akan dibuka pada awal 2021.

Muhadjir mengatakan sampai saat ini pemerintah masih melihat perkembangan situasi terkait pandemik virus corona atau COVID-19 di dalam negeri, sebelum memutuskan untuk kembali membuka sekolah.

"Untuk membuka sekolah, masih kita lihat situasinya. Kemungkinan akhir tahun, atau awal 2021," kata Muhadjir, dilansir kantor berita Antara, Rabu (3/6).

Baca Juga: Koalisi Warga Kawal New Normal: Jangan Jadi New Abnormal

1. Tahun ajaran baru tetap diberlakukan pertengahan Juli 2020

IDN Times/Wira Sanjiwani

Muhadjir menjelaskan, meskipun sekolah diperkirakan akan dibuka kembali pada awal 2021 atau akhir 2020, tahun ajaran baru siswa tetap akan diberlakukan pada pertengahan Juli 2020.

"Pada tahun ajaran baru tersebut, para siswa akan belajar di rumah menggunakan sistem sekolah berbasis online atau daring," ujar dia.

2. Pembelajaran masih dilakukan secara daring

siswa SDN 003 Tenggarong belajar di rumah (Dok.Tanoto Foundation)

Muhadjir menyebutkan pembelajaran menggunakan sistem online tersebut dilakukan untuk seluruh siswa tanpa terkecuali untuk sekarang ini.

"Untuk pendidikan itu, kalau tahun ajaran baru, kemungkinan tidak ada perubahan. Pertengahan Juli 2020 sudah tahun ajaran baru. Masih secara online, karena tidak ada jaminan (daerah yang terhindar COVID-19)," tutur dia.

Baca Juga: Pengamat: Indonesia Gak Menyongsong New Normal, tapi New Backward!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya