TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Risma: Korban Perkosaan Guru Pesantren di Bandung Masih Ingin Sekolah

Mensos Risma janji membantu mengurus dokumennya

Mensos Tri Rismaharini (Dok. Kemensos)

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma berjanji akan membantu mengurus dokumen santriwati yang menjadi korban perkosaan oleh guru pesantren di Kota Bandung, Jawa Barat, agar dapat melanjutkan pendidikan.

Menurut Risma, semua anak menyampaikan keinginan yang sama yakni ingin menempuh pendidikan, namun merasa minder dan kesulitan melanjutkan pendidikan di sekolah formal karena tidak memiliki catatan pendidikan.

"Kita menangkap mereka masih ada mental bloknya jadi tidak bisa masuk ke dalam lagi, kita menanyakan apa keinginan mereka, rata-rata masih ingin sekolah," ujar Risma di Gedung Aneka Bhakti Kemensos, Selasa (14/12/2021) 

Baca Juga: Guru Pesantren di Bandung Perkosa 12 Santri, KPAI : Dicuci Otaknya!

1. Selama belajar di pesantren milik pelaku pemerkosaan, korban tak punya dokumen apa pun

IDN Times/Sukma Shakti

Risma mengungkapkan, selama mengenyam pendidikan di pondok pesantren milik pelaku pemerkosaan, HW, puluhan santriwati yang menjadi korban tidak mempunyai dokumen apa pun termasuk rapor dan ijazah.

"Jadi kita bantu bagaimana mereka mendapatkan dokumen, sebab untuk pindah sekolah lain itu butuh dokumen," imbuh Mensos.

2. Risma pastikan beri pendampingan psikologis untuk tumbuh kembang korban

IDN Times/Indiana Malia

Risma juga memastikan akan memberikan pendampingan secara psikologis bagi korban dan keluarga. Sebab, masa depan mereka masih panjang, apalagi dari lima korban empat di antaranya memiliki anak, bahkan satu di antaranya memiliki dua anak akibat diperkosa gurunya.

"Jaminan itu memang di tangan Tuhan, tetapi kita minimal usaha agar nantinya tidak mendapat bully dari temannya, makanya kita komunikasikan dengan KPAI dan Kemen PPPA, bagaimana anak-anak ini ke depannya baik ibu dan anaknya, sehingga kita akan jaga tumbuh dan kembang mereka," ujar Risma.

Baca Juga: Bejat! Guru Pesantren di Bandung Perkosa 12 Santri hingga Melahirkan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya