TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hujan Deras, Sejumlah Makam di TPU Karet Bivak Terendam Banjir

Posisi makam blok 15,16, 17 di TPU Karet Bivak rentan banjir

TPU Karet Bivak tergenang air 30 sentimeter akibat hujan lebat di Jakarta Pusat, Minggu (7/2/2021). (ANTARA/HO-Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat)

Jakarta, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di DKI Jakarta sejak Minggu (7/2/2021) dini hari mengakibatkan sejumlah makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak Jakarta Pusat tergenang air.

"Genangan air terjadi di blok makam 15,16 dan 17, setinggi 30 sentimeter," kata Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda di Jakarta, seperti dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Pakar Perkotaan: Kolam Olakan Tidak Atasi Banjir Jakarta Seluruhnya

1. Kerahkan tujuh tangki penyedot air

Proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon pada Selasa (16/9/2020). IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati

Oleh karena itu, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat mengerahkan tujuh tangki penyedot dan dibantu petugas Gulkarmat untuk menyedot genangan, selanjutnya dibuang ke kali yang ada di belakang lokasi makam.

Mila mengaku, hingga kini masih dilakukan upaya penyedotan air oleh pihak Dinas Pertamanan dan Hutan Kota dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat.

2. Posisi TPU Karet Bivak rentan tergenang banjir

IDN Times/Axel Jo Harianja

Mila menjelaskan secara kontur tanah, posisi makam blok 15,16, dan 17 berupa cekungan sehingga memang rentan genangan. Sementara posisi TPU Karet Bivak di bawah permukaan saluran air di jalan.

"Dengan posisi ini, menyebabkan TPU Karet Bivak mudah tergenang karena posisi makam yang lebih rendah dari jalanan," katanya.

Namun yang menjadi kendala, genangan itu tidak dapat dibuang ke saluran di jalan, melainkan ke kali di belakang lokasi itu, sedangkan bila hujan lebat, kali tersebut akan meluap dan mengenai lokasi pemukiman yang juga ada di belakang makam.

Baca Juga: Fakta-fakta Kolam Olakan yang Jadi Strategi Pemprov DKI Atasi Banjir

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya