TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemkot Bekasi Bagikan 16.560 Kondom untuk Cegah Penularan HIV

Ada 554 kasus HIV di Kota Bekasi pada Januari-Agustus 2022

ilustrasi pita HIV (freepik.com/jcomp)

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, membagikan sebanyak 16.560 kondom sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap penularan virus Human Immunodeficiency Virus (HIV). Virus HIV dapat merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4.

"Penggunaan kontrasepsi mampu mengurangi risiko penularan virus HIV hingga 95 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati di Bekasi, seperti dikutip dari ANTARA, Jumat (16/9/2022).

 

Baca Juga: Tenyata Hanya Ada 11 Mahasiswa Aktif di Bandung Positif HIV

1. Alat kontrasepsi akan didistribusikan kepada pasangan diskordan HIV

ilustrasi pita HIV (freepik.com/master1305)

Tanti menjelaskan, kondom diberikan kepada fasilitas kesehatan yang memiliki layanan perawatan dukungan pengobatan HIV meliputi RSUD Cashbullah Abdul Madjid, RS Elisabeth, dan RS Ananda Bekasi.

Kemudian Puskesmas Perumnas II, Puskesmas Mustika Jaya, Puskesmas Karang Kitri, Puskesmas Pengasinan, Puskesmas Kali Abang Tengah, serta. Puskesmas Jati Sampurna.

"Alat kontrasepsi ini selanjutnya akan didistribusikan kepada pasangan diskordan HIV sebagai pencegahan sekaligus memutus rantai penularan pada pasangan," katanya.

Tanti menjelaskan pasangan diskordan adalah pasangan yang salah satunya merupakan orang dengan HIV atau ODHIV. Saat dalam kondisi baik mereka bisa melakukan hubungan seksual di masa subur.

2. Penularan virus HIV bisa tetap terjadi meski telah gunakan kondom

ilustrasi pita HIV (freepik.com/jcomp)

Dia menyebut penularan virus HIV bisa tetap terjadi meski telah menggunakan kondom. Penyebabnya antara lain kesalahan ketika menggunakan, kebocoran pada alat tersebut, serta penyimpanan kondom yang kurang tepat seperti terkena sinar matahari secara langsung atau menaruh di dalam dompet.

"Perlu diperhatikan pula terkait masa kedaluwarsa kondom karena biasanya menjadi penyebab kebocoran," ucapnya.

Baca Juga: Sariawan Gejala Umum HIV/AIDS, Dokter Gigi Jadi Pendeteksi Awal HIV 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya