TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dari Anak Ini, Bupati Kediri Terinspirasi untuk Bangun Boarding School

Banyak masyarakat kurang mampu tak mampu melanjutkan sekolah

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyematkan id card atau tanda pengenal bupati miliknya kepada salah seorang siswa boarding school di Bali. (Dok. Pemkab Kediri)

Jakarta, IDN Times -- Made Ardana remaja yang bersekolah di SMAN 1 Bali Mandara mengaku bercita-cita menjadi camat. Mendengar hal itu, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana justru menyematkan id card atau tanda pengenal bupati miliknya. 

Momen itu terjadi saat bupati yang akrab disapa Mas Dhito tersebut berkunjung ke sekolah yang berada di Kabupaten Buleleng, Bali, ini pada Kamis (6/4/2023). 

Mulanya, Mas Dhito bertanya pada seluruh siswa perihal alasan mereka bersekolah di SMAN yang dulunya menggunakan model asrama itu. “Saya mau tanya agak ekstrem sedikit, siapa yang dulunya tidak punya mimpi untuk sekolah?” tanya bupati muda berusia 30 tahun itu.

Baca Juga: Dukung UMKM, Pemkab Kediri Inisiasi Gerakan Bela Beli UMKM Kab Kediri

1. Made Ardana jadi salah satu contoh dari banyaknya anak yang kesulitan melanjutkan sekolah karena alasan ekonomi

Suasana di SMAN 1 Bali Mandara saat kunjungan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. (Dok. Pemkab Kediri)

Merespons pertanyaan tersebut, lebih dari 15 siswa tunjuk jari. Salah satunya Ardana yang kemudian ditunjuk Mas Dhito untuk menceritakan motivasinya bersekolah. Ardana menyebutkan, saat dirinya masih menduduki kelas IX, pihaknya tak merasa percaya diri untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Hal ini karena keterbatasan ekonomi yang dialami keluarganya. Bahkan, Ardana mengaku sempat mendengar percakapan kedua orang tuanya yang tidak mampu menyekolahkan Ardana ke tingkat yang lebih tinggi. 

“Saya ingat sekali bapak dan ibu saya berbincang di luar dan saya di dalam. Itu mengatakan bahwa belum bisa melanjutkan ke jenjang SMA,” katanya kepada Mas Dhito dan semua temannya juga ikut menyambut kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Kediri itu. 

2. Kesempatan Ardana untuk melanjutkan studinya kembali terbuka setelah masuk SMAN Bali Mandara yang merangkul masyarakat kurang mampu

Salah satu siswa SMAN 1 Bali Mandara, Made Ardana, bersalaman dengan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat kunjungannya ke Buleleng, Bali. (Dok. Pemkab Kediri)

Namun, kesempatan Ardana untuk melanjutkan sekolahnya kembali terbuka setelah dirinya direkomendasikan oleh kepala sekolah SMP-nya dulu untuk bersekolah di SMAN Bali Mandara. 

Kemudian Ardana juga ingin melanjutkan ke perguruan tinggi kedinasan. Dia bercita-cita ingin menjadi seorang camat. “Cita-cita saya ingin menjadi seorang bapak camat,” ujarnya. 

Mendengar semangat remaja kelas 12 itu, Mas Dhito sontak melepas id card-nya dan kemudian menyematkannya di kantong Ardana. “Saya doakan kelak kamu akan menjadi Bupati Buleleng,” kata Mas Dhito seusai menyematkan id card merahnya itu. 

Baca Juga: Bupati Kediri Tegaskan Tak Ada Komisi Megaproyek Stadion Kediri 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya