TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gempa Susulan Terjadi di Majene, BMKG Imbau Masyarakat Waspada 

BMKG memprediksi gempa susulan akan kembali terjadi

Warga mengamati Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak akibat gempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi dengan Magnitudo 5,0 kembali menggoyang Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, Sabtu (16/1/2021) pukul 06.32 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa ini tak berpotensi memicu tsunami.

“Berdasarkan data yang diterima dari BPBD Kabupaten Majene, belum ada laporan terkait dampak gempa yang berpusat di darat 20 kilometer Timur Laut Majene dan berkedalaman 10 km ini,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (16/1/2021).

Baca Juga: BMKG: Ada 380 Gempa Susulan Setelah Gempa M5.5 Menggoyang Sumba 

1. BMKG memprediksi gempa susulan akan kembali terjadi

Situasi pascagempa di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) ANTARA/Akbar Tado

BMKG memperkirakan gempa susulan masih akan terjadi. Untuk itu BNPB mengimbau masyarakat tetap tenang dan selalu waspada akan gempa susulan berkekuatan besar. 

“Masyarakat yang tinggal di kawasan perbukitan dengan tebing curam untuk waspada terhadap longsoran dan reruntuhan batu. Selain itu, bagi yang tinggal di kawasan pantai atau pesisir, diharapkan untuk selalu waspada dan segera menjauhi pantai apabila merasakan adanya gempa susulan,” kata Raditya.

2. Sebanyak 189 orang mengalami luka berat

Warga melintasi tiang listrik yang melintang di jalan raya pascagempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Berdasarkan data yang dihimpun BNPB per Sabtu (16/1/2021) pukul 02.00 WIB, ada 189 orang mengalami luka berat akibat gempa di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Sedangkan di Kabupaten Majene, ada 637 orang mengalami luka ringan dan sekitar 15.000 orang mengungsi di 10 titik pengungsian. Saat ini pasien yang dirawat di rumah sakit terdampak juga telah dievakuasi sementara ke rumah sakit Lapangan. 

“Selain itu, korban meninggal akibat gempa tersebut mencapai 42 orang, dengan rincian 34 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan delapan orang di Kabupaten Majane,” kata Raditya.

Baca Juga: Gempa Sulawesi Barat: 189 Orang Luka Berat, Listrik Masih Padam 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya