TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kerja Ma'ruf Amin Disebut Tak Menonjol, Ini Penjelasan dari Jubirnya

Media jarang menyoroti kinerja Ma’ruf Amin

Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Wakil Presiden (Wapres), Masduki Baidlowi, angkat bicara soal hasil survei Indo Barometer terkait rendahnya tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Wapres Ma’ruf Amin.

Masduki mengatakan, selama 3 bulan belakangan ini Wapres sedang sibuk menyusun langkah strategis untuk berkoordinasi dengan sejumlah kementerian.

Baca Juga: Indo Barometer: Ekonomi Jadi Masalah di 100 Hari Kerja Jokowi-Ma'ruf

1. Apa yang dikerjakan Ma’ruf Amin tidak pernah menjadi berita penting

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Namun, apa yang dilakukan oleh Ma’ruf Amin tidak pernah menjadi perhatian, sehingga kinerjanya tidak pernah dilihat oleh publik

“Dan itu beberapa kali dilakukan sekarang juga sedang disusun (rapat koordinasi) ya, tetapi itu tidak pernah menjadi berita penting. Wapres memang tidak memperhatikan itu sebagai satu hal yang penting. Apakah itu diberitakan atau tidak diberitakan,” kata Masduki di Rumah Dinas Wapres, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (17/2).

2. Wapres Ma’ruf Amin sering memimpin rapat koordinasi terkait radikalisme dan UMKM

Wakil Presiden Ma'ruf Amin (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Masduki mencontohkan, Ma’ruf diberi tanggung jawab oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo terkait penanganan radikalisme dari hulu hingga hilir. Rapat koordinasi sering dilakukan bersama BNPT dan kementerian terkait, namun tidak banyak yang mengetahui.

“Lalu misalnya mengenai UMKM itu dananya banyak di berbagai Kementerian ya, dan selama ini tidak terealisasi dengan maksimal. Nah itu, Wapres punya cita-cita bagaimana agar UMKM itu bisa nanti betul-betul mempunyai fungsi bisa mengurangi kesenjangan. Karena apa? Peran dari UMKM itu ternyata secara ekonomi nasional itu sampai 60 persen,” ujarnya.

3. Ada 7 pekerjaan yang sedang menjadi fokus Ma’ruf Amin di pemerintahan

Wapres Ma'ruf Amin Bertemu Presiden Singapura Halimah Yacob (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Ia menambahkan, ada 7 pekerjaan yang saat ini sedang menjadi fokus Wapres. Seluruhnya, kata Masduki merupakan proyek strategis pemerintah di periode pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

“Buat wakil presiden yang terpenting sekarang itu road map itu tersusun dan semuanya akan dilakukan termasuk langkah yang seperti tadi,” tuturnya.

Baca Juga: Wapres Kumpulkan Menteri Bahas Penutupan Lubang Bekas Tambang Ilegal

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya