TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bjorka Bocorkan Data Pribadi Muchdi Purwopranjono soal Kasus Munir

Munir disebut sosok pemimpin KontraS yang vokal

Mahasiswa mengikuti aksi refleksi 17 tahun kematian Munir di depan Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/9/2021). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Jakarta, IDN Times - Peretas Bjorka kembali beraksi. Kali ini, ia membocorkan data pribadi Ketua Umum Partai Berkarya, Muchi Purwopranjono (Muchdi PR), setelah mengklaim banyak diminta warganet untuk mengungkap kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir Said Thalib.

Ada berbagai data personal yang dibocorkan Bjorka di medial sosial. Data tersebut antara lain nomor telepon, e-mail, alamat, hingga status pendidikan.

1. Munir disebut sosok pemimpin KontraS yang vokal

ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Dalam data tersebut, Bjorka menyebut, Munir disebut mantan Koordinator KontraS yang sangat vokal dalam mengungkap kasus penculikan 13 aktivis pada 1997-1998 oleh Tim Operasi Mawar. Muchdi yang saat itu menjabat Kepala Deputi V Badan Intelejen Negara (BIN) disebut tidak senang dengan hal itu.

"Akibatnya, Muchdi harus diberhentikan dari posisi barunya selama 52 hari," tulis Bjorka.

2. Istana bantah ada kebocoran data

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, istana membantah adanya data publik yang dibocorkan peretas, termasuk Bjorka. Meski begitu, Heru menyebut, tindakan tersebut telah melanggar hukum.

"Tidak ada data isi surat-surat apapun yang kena hack. Namun, upaya-upaya meng-hack itu sudah melanggar hukum. Saya rasa penegak hukum akan melakukan tindakan hukum," ungkap Heru kepada media melalui pesan pendek, Sabtu (10/9/2022).

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya