TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Demo KPK Selesai, Polisi dan Massa BEM SI Bersihkan Sampah Bareng  

Polisi dan BEM SI sempat terlibat saling dorong

Massa BEM SI dan polisi memungut sampah bekas demo di depan Gedung Merah Putih KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Jakarta, IDN Times - Aksi massa aliansi BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) di dekat Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (27/9/2021) telah berakhir. Mereka pun perlahan membubarkan diri dari lokasi.

"Hari ini ada teman-teman mahasiswa menyampaikan aspirasinya dan pukul 15.22 telah bubar dan kembali ke tempat masing-masing," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Azis Andriansyah di lokasi.

Meski sudah selesai, baik polisi maupun aparat masih berada di lokasi untuk duduk-duduk. Selain itu, kedua belah pihak gotong royong membersihkan sampah di lokasi itu.

Baca Juga: Demo KPK, Massa BEM SI dan Polisi Berkerumun hingga Saling Dorong

1. Massa BEM SI tuntut tuntut Firli dipecat

Aksi BEM SI di Gedung Merah Putih KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Tata Firza)

Dalam aksinya, massa yang tergabung dari berbagai universitas di Indonesia ini membawa spanduk dan poster orasi, bendera Merah Putih dan organisasi. Selain itu, beberapa orang bergantian berorasi di mobil komando menyampaikan sejumlah pendapatnya seperti mendesak Firli mundur.

"Pecat, pecat, pecat si (Ketua KPK) Firli," teriak massa yang dipandu dari mobil komando.

2. Sekitar 600 personel gabungan amankan lokasi

Aksi BEM SI di Gedung Merah Putih KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Untuk mengamankan aksi massa ini, aparat mengerahkan hingga 600 personel gabungan di lokasi. Bahkan, petugas memakai alat pelindung diri (APD) disiagakan di lokasi.

"Jangan sampai nanti kalster (penularan virus corona) di sini, kita siap dengan personel yang ber-APD. Itu pun kalau terpaksa kira gunakan, mengingat ini masa pandemi," ujar Wakapolres Jakarta Selatan AKBP Antonius Agus Rahmanto.

Meski demikian, aksi saling dorong itu terjadi beberapa kali. Setelahnya, kondisi kembali kondusif meski kerumunan masih terjadi.

Baca Juga: Massa BEM SI Geruduk Gedung KPK, Serukan Firli Bahuri Dipecat!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya