TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ganjil Genap Mulai Berlaku, TransJakarta Tambah 155 Armada dan 3 Rute

Ganjil genap berlaku lagi mulai awal pekan ini

Ilustrasi bus Transjakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Jakarta, IDN Times - Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT TransJakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan, pihaknya akan menambah 155 armada dan tiga rute usai Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya menerapkan ganjil-genap di tengah pandemik COVID-19.

Nadia mengatakan, sebanyak 155 armada tersebut akan disterilisasi pada Minggu (2/8/2020), agar siap digunakan pada besoknya.

Baca Juga: Ganjil Genap Mulai 3 Agustus, Operasional Angkutan Umum Kembali Normal

1. Penambahan rute dan armada TransJakarta untuk mengantisipasi lonjakan penumpang

IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Nadia menjelaskan, penambahan rute dan armada TransJakarta dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pelanggan pada waktu ganjil-genap, dengan tetap memastikan terjaganya kapasitas maksimum sesuai protokol pencegahan COVID-19, yaitu 50 persen dari kapasitas maksimal.

Selain itu, menurut Nadia, penambahan rute dan armada juga mempercepat pengosongan halte pada jam-jam di mana sistem ganjil-genap diterapkan.

"Keseluruhan armada tersebut akan disebar di 10 koridor yang bersinggungan dengan 25 ruas jalan yang terkena imbas kebijakan ganjil-genap," kata Nadia dalam keterangan tertulis, Sabtu 1 Agustus 2020 malam.

2. Ganjil-genap hanya untuk kendaraan roda empat

ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo sebelumnya mengatakan, kebijakan ganjil-genap hanya berlaku untuk kendaraan roda empat. Waktu pelaksanaannya pun sama seperti sebelum pandemik COVID-19 atau virus corona melanda Jakarta.

"Jamnya tetap, pada pagi hari jam 06.00-10.00 WIB dan sore jam 16.00-21.00," kata dia.

Baca Juga: Perhatian, Warga DKI! Ganjil Genap per 3 Agustus Bukan Uji Coba!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya