TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Komnas HAM Kecam Aksi Polisi Banting Mahasiswa: Usut Tuntas!

Komnas HAM minta Polri jatuhi sanksi tegas ke anggotanya

IDN Times/Dok. Video Whatsapp

Jakarta, IDN Times - Komnas HAM angkat bicara mengenai viralnya video seorang polisi yang membanting mahasiswa ketika melakukan aksi massa di Kabupaten Tangerang, Banten. Aksi massa itu dilakukan dalam rangka peringatan HUT ke-389 Kabupaten Tangerang

"Komnas HAM mengecam perlakuan aparat kepada kawan-kawan mahasiswa yang sedang melakukan aksi damai," ujar Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara saat dihubungi, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: Polisi yang Banting Mahasiswa Berpangkat Brigadir

1. Komnas HAM minta polisi beri sanksi tegas

IDN Times/Margith Juita Damanik

Beka menegaskan Polri harus mengusut tuntas peristiwa tersebut. Ia berharap polisi yang membanting mahasiswa diberi sanksi tegas.

"Polisi harus usut tuntas peristiwa ini, memberikan sanksi tegas kepada pelaku dan menjamin perlakuan yang sama tidak terulang kembali," ujarnya.

2. Brigadir NP, polisi yang banting mahasiswa diperiksa Propam Mabes Polri

IDN Times/Dok. Video Whatsapp

Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro, mengatakan polisi yang membanting mahasiswa merupakan Brigadir NP. Ia mengatakan saat ini Brigadir NP sedang diperiksa Propam Mabes Polri yang didampingi oleh Propam Polda Banten.

"Pemeriksaan saat ini masih berlangsung," ujar Wahyu, Rabu (13/10/2021).

Wahyu menuturkan, dalam pemeriksaan, Brigadir NP mengaku tidak berniat untuk menganiaya korban, meskipun dalam video jelas secara sengaja membanting korban.

"Pengakuannya yang bersangkutan berontak saat diamankan, sehingga secara refleks melakukan hal tersebut, jadi gak ada niatan untuk menganiaya," jelasnya.

Baca Juga: Banting Mahasiswa di Tangerang, Polisi Diperiksa Propam  

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya