TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menag Yaqut Datangi KPK, Audiensi Pencegahan Korupsi di Kemenag

KPK minta Kemenag belajar dari kasus korupsi sebelumnya

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan paparan saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/1/2021) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beserta jajarannya mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta Selatan, Rabu (3/3/2021). Yaqut melakukan audiensi dengan KPK terkait upaya pencegahan tindak pidana korupsi di Kementerian Agama.

"Kita tadi mendiskusikan kerja sama pengaduan masyarakat. Karena di kementerian kami juga ada pengaduan-pengaduan yang masuk. Jadi supaya di Kementrian Agama ini lebih bisa konsentrasi melaksanakan tugas-tugas pelayanan untuk urusan pengaduan kita kerja sama dengan KPK," ujar Yaqut usai pertemuan dengan KPK.

1. KPK diminta supervisi pencegahan korupsi di Kemenag

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas (Dok. IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, Plt Juru Bicara KPK bidang Pencegahan Ipi Maryati mengatakan Yaqut menyampaikan harapannya agar Kemenag mendapat supervisi dari KPK dalam upaya mencegah terjadinya korupsi. Sehingga, potensi penipuan dan penyimpangan di lingkungan Kemenag berkurang.

"Menag juga menyampaikan pentingnya kerja sama pencegahan dan koordinasi supervisi dari KPK mengingat kerawanan dan potensi korupsi terkait tugas dan kewenangan Kemenag. Salah satunya terkait penyelenggaraan haji dan umrah," ujar Ipi.

2. Kemenag harus belajar dari kasus sebelumnya

Plt Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Ipi pun mengapresiasi kunjungan Yaqut beserta jajaran Kemenag ke KPK. Menurutnya, Kemenag harus belajar dari kasus-kasus korupsi yang pernah ditangani KPK.

"Berdasarkan catatan KPK, kasus korupsi yang paling banyak terjadi adalah pengadaan barang dan jasa. Modus lainnya terkait jual beli jabatan di lingkungan Kemenag," ujar Ipi.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya