TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemprov DKI Ngotot Terapkan Ganjil Genap di Tengah Pandemik COVID-19

Satgas bilang itu bikin kerumunan di transportasi umum

Sosiaslisasi ganjil genap (IDN Times/Aryodamar)

Jakarta, IDN Times - Pemprov DKI Jakarta dipastikan tetap melaksanakan kebijakan ganjil genap di 25 ruas jalanan Ibu Kota meski dikritik Satgas COVID-19. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan keputusan ini diambil berdasarkan evaluasi setiap hari yang disampaikan pada Gubernur Anies Baswedan dan Gugus Tugas DKI Jakarta.

"Dari hasil evaluasi ini ganjil genap terus dilanjutkan," kata Syafrin, Minggu (6/9/2020).

Baca Juga: Satgas COVID-19 Minta Pemprov DKI Tinjau Lagi Aturan Ganjil Genap

1. Mobilitas yang gak penting diklaim sudah turun

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo (IDN Times/Aryodamar)

Menurut Syafrin, Pemprov DKI Jakarta menerapkan kebijakan ganjil genap di tengah pandemik COVID-19 bertujuan untuk membatasi pergerakan yang tidak penting di Ibu Kota. Ia mengklaim mobilitas warga cenderung turun di tengah pandemik usai ganjil genap diterapkan.

"Dari hasil evaluasi kami terpantau bahwa mobilitas warga di tempat-tempat tertentu yang tentu di sana tidak kita harapkan terjadi pergerakan yang tidak penting ini cenderung turun," jelasnya.

2. Protokol kesehatan di transportasi umum diklaim lebih ketat

Suasana KRL jurusan Tanah Abang-Parung Panjang, Jumat (10/7/2020) (IDN Times/Herka Yanis).

Syafrin juga mengklaim protokol kesehatan di transportasi umum sangat ketat. Sebagai contoh, di MRT, LRT, TransJakarta, hingga KRL, masyarakat dilarang naik apabila tidak bermasker. Transportasi umum ini juga tetap menerapkan kapasitas maksimal 50, persen walau Kementerian Perhubunhan mengizinkan 70 persen.

"Kami tetap menganggap bawa physical distancing di layanan angkutan umum kita itu tetap menjadi prioritas sehingga kita mampu menekan penularan di angkutan umum," jelasnya.

Baca Juga: Doni Monardo Minta Pemprov DKI Jakarta Evaluasi Sistem Ganjil Genap

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya