TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tak Sudi Ada Sponsor Bir di Formula E, PA 212 Ancam Tinggalkan Anies

Novel Bamukmin ingatkan Anies dipilih mayoritas muslim

Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO

Jakarta, IDN Times - Wakil Sekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin mengkritik adanya perusahaan bir sebagai sponsor Formula E. Ia meminta Gubernur Anies Baswedan membatalkan sponsor tersebut, atau akan kehilangan dukungan dari PA 212.

"Saya rasa tanpa sponsor minuman keras bisa terlaksana, sehingga saya meminta agar Anies membatalkan kerja sama dengan segala merk minuman keras. Formula E harus jadi simbol jati diri bangsan dengan nilai yang luhur," ujar Novel kepada wartawan, Jumat (27/5/2022).

"Kalau tidak (membatalkan sponsor perusahaan bir) sama saja dengan rezim ini yang zalim karena suka dengan maksiat dan kemunkaran. Jangan salahkan umat Islam khususnya spirit 212 akan meninggalkan Anies Baswedan," imbuhnya.

1. Novel Bamukmin ingatkan Anies dipilih mayoritas muslim

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengikuti salat Idul Fitri di Jakarta Internasional Stadium (Facebook.com/AniesBaswedan)

Meski begitu, Novel menilai Formula E merupakan acara yang baik. Namun, ia tidak setuju ada perusahaan bir yang menjadi sponsor gelaran balap mobil listrik tersebut.

"Perlu diingat Anies Baswedan itu pilihan umat Islam dengan semangat bela agama, sehingga harus dijaga perasaan umat Islam, jangan sampai melukai hati umat Islam yang telah memilihnya," ujarnya.

2. Ahmad Sahroni tegaskan tidak ada logo perusahaan bir

Ahmad Sahroni (IDN Times/Aryodamar)

Terpisah, Ketua Panitia Pelaksana Formula E menegaskan bahwa tidak ada penjualan bir ketika Formula E digelar di Jakarta. Tak hanya itu, para juara tidak akan melakukan selebrasi memakai sampanye seperti biasanya.

“Perlu ditegaskan bahwa tidak ada penjualan bir dan logo perusahaan bir di ajang Jakarta E-Prix. Selain itu perlu diketahui juga bahwa Heineken adalah sponsor global FEO, yang hadir dalam seluruh seri balapan Formula E di berbagai kota, termasuk di Diriyah, Arab Saudi,” ujar Sahroni dalam keterangannya, Jumat (27/5/2022).

Tak hanya itu, panitia juga akan mengganti logo perusahaan bir yang menjadi sponsor. Tempat yang seharusnya disematkan logo perusahaan bir akan diganti kampanye untuk tidak minum alkohol saat berkendara.

"Selain itu, tidak akan ada penggunaan champagne beralkohol dalam acara penyerahan piala juara. Logo diganti dengan tagline berbunyi when you drive, never drink,” imbuhnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya