TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wakil Ketua DPRD DKI Desak Mendikbud Gerak Cepat Siapkan New Normal

Para pendidik butuh solusi konkret

Mendikbud Nadiem Makarim dalam acara Sinergi Pengelolaan Dana BOS dan Dana Desa Berbasis Kinerja (Dok.IDN Times/Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud)

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani menantikan gerak cepat dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, untuk segera berinovasi dan menerapkan sistem pendidikan yang sesuai dengan era new normal atau normal baru. Menurut dia kebijakan saat ini belum memberi kepastian untuk pendidikan anak.

"Kami para pendidik butuh solusi konkret," ujar Zita dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Sabtu (6/6) malam.

Baca Juga: BEM-SI Kembali Layangkan Surat Terbuka Tantang Nadiem Makarim Audiensi

1. Kurikulum belajar di rumah belum jelas

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) ini menilai belajar dari rumah yang sejauh ini dilakukan, belum memiliki kurikulum yang jelas untuk menjadi panduan. Selain itu, kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang pendidikan dinilai belum adaptif terhadap teknologi, sehingga perlu dipersiapkan.

"Mas Menteri sendiri juga terkejut akses internet belum merata," ujar Anjani.

2. Mendikbud diminta membuat sistem belajar terpadu nasional

Mendikbud Nadiem Makarim (IDN Times/Aldzah Aditya)

Putri Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini menilai, Nadiem kompeten pada bidang informasi teknologi (IT) dan memiliki latar belakang di bidang perusahaan rintisan (startup).

Hal itu membuat Zita yakin bahwa Nadiem mampu menciptakan inovasi pada bidang pendidikan dalam menghadapi kenormalan baru.

"Saya kira pasti bisa bikin Inovasi terapkan sistem belajar terpadu online nasional," ujar dia.

Baca Juga: Mahasiswa Kritik Mendikbud Lewat Twitter, Ini Kata Pengamat Pendidikan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya