TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Warga: Zaman Ahok Sungai Mau Dilebarin, Sekarang Dikeruk Saja Nggak!

Warga Kemang kecewa, banjir di wilayah mereka makin parah

Ilustrasi Kali Krukut (IDN Times/Dian Ayugustanty)

Jakarta, IDN Times - Kawasan Kemang, Jakarta Selatan menjadi salah satu lokasi terdampak banjir yang parah pada Sabtu (20/2/2021) lalu. Terkait hal itu, Muhammad Herianto, seorang warga yang bertugas sebagai petugas keamanan di sebuah gedung di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan melontarkan kritik kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ia menuding Anies tak melanjutkan program Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok sehingga banjir di Kemang semakin parah.

"Dulu zaman Ahok kita sudah sering rapat di kelurahan, katanya mau dilebarin. Begitu ganti gubernur boro-boro dilebarin, dikeruk saja nggak," ujarnya ketika ditemui IDN Times di lokasi pada Senin (22/2/2021).

Baca Juga: Bima Arya Sempat Surati Anies Soal Banjir Jakarta, Tapi Tak Dibalas

1. Anies dinilai tak melanjutkan program Ahok

ANTARA/Hafidz Mubarak A

Herianto mengatakan, Ahok dulu sempat berjanji akan memperlebar Kali Krukut yang melintas di kawasan Kemang, Jakarta Selatan dengan lebar masing-masing dua meter di kedua sisi. Namun, rencana itu urung dilaksanakan pada era Anies Baswedan.

"Boro-boro dilebarin, dikeruk juga nggak, kemarin doang ditengok habis banjir," katanya.

2. Revitalisasi trotoar di Kemang dinilai punya andil dalam banjir

Kondisi Trotoar Pasca Banjir di daerah Kemang, Jakarta Selatan (IDN Times/Aryodamar)

Ia mengatakan, komunikasi dengan pemerintah daerah masih sering dilakukan. Namun, yang dibahas adalah revitalisasi trotoar di Kemang, bukan pelebaran sungai. Herianto menilai, revitalisasi trotoar itu juga punya andil dalam memperparah banjir di Kemang.

"Karena di bawah (trotoar) itu kan gorong-gorong, kalau gak sering dikontrol sama saja, itu kan tanah makin numpuk," katanya.

Baca Juga: Deretan Fakta Banjir Jakarta 2021, Benarkah Satu Hari Kering?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya