TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

TPU Pondok Ranggon Penuh, 70 Persen Jenazah Pasien COVID-19 Dialihkan

TPU Tegal Alur jadi tempat rujukan pemakaman

Ilustrasi pemakaman jenazah COVID-19 (IDN Times/Aldila Muharma-Fiqih Damarjati)

Jakarta, IDN Times - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur, sudah tak bisa menampung pemakaman jenazah pasien COVID-19. Maka dari itu pengelola TPU Pondok Ranggon mengeluarkan rujukan pengalihan pemakaman bagi jenazah COVID-19 di TPU lain atau di luar pemakaman khusus. 

Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman COVID-19 TPU Pondok Ranggon, Muhaemin,  mengatakan rujukan tersebut berlaku karena situasi liang lahat di wilayah setempat sudah penuh.

Baca Juga: [FOTO] Merinding, TPU Pondok Ranggon Nyaris Penuh Jenazah COVID-19 

1. 70 persen jenazah COVID-19 akan dialihkan ke TPU lain di lima wilayah DKI Jakarta

Proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon pada Selasa (16/9/2020). IDN Times/Aldila Muharma-Fiqih Damarjati

Dia menjelaskan, pengelola hanya akan menerima 30 persen jenazah COVID-19 khusus di TPU Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur, Jakarta Barat. Sedangkan, 70 persen jenazah COVID-19 nantinya akan dialihkan ke TPU lain.

“70 persen berbanding 30 persen. Artinya, kalau rata-rata per hari 75 jenazah yang datang ke TPU Pondok Ranggon, maka 50 jenazah dirujuk ke Tegal Alur, 25 jenazah lainnya dimakamkan secara tumpang yang tersebar di TPU-TPU lain yang ada di lima wilayah kota administrasi Jakarta,” kata Muhaemin.

2. TPU Pondok Ranggon telah memakamkan 4.650 jenazah pasien COVID-19

Petugas memakamkan jenazah COVID-19, di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Selasa (8/9/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Muhaemin mengatakan, 70 persen jenazah COVID-19 harus dialihkan ke beberapa pemakaman di daerah lain karena kapasitas TPU Pondok Ranggon khusus COVID-19 sudah melebihi kapasitas yang seharusnya, maka dari itu jenazah dirujuk ke TPU lain atau TPU umum. TPU Pondok Ranggon mencatat total pemakaman di wilayah tersebut sebanyak 4.650 jenazah pasien COVID-19, terhitung sepanjang Maret sampai 25 Desember 2020.

“Kondisi terkini hingga tanggal 25 Desember 2020 sudah ‘full’ untuk lahan baru khusus COVID-19 TPU Pondok Ranggon,” ujar Muhaemin.

Baca Juga: Kisah Pilu Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya