TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BMKG Minta Masyarakat Waspadai Tiga Kondisi Ini dari Dampak Siklon Tembin

Hujan, gelombang tinggi dan banjir diprediksi akan terjadi

ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

Jakarta, IDN Times - Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mulyono Rahadi Prabowo merilis, beberapa hari ke depan wilayah Indonesia akan mengalami dampak siklon tropis Tembin.

Saat ini, siklon tropis Tembin berada di 7.7 °LU 125.6 °BT, atau sekitar 737 kilometer (km) utara-timur laut Manado, Sulawesi Utara, dengan tekanan minimum dan kecepatan angin maksimum di pusat sistemnya mencapai hingga 992 hPa dan 50 knot. 

Baca juga: BMKG: Ada 19 Kali Gempa Susulan yang Mengguncang Wilayah Selatan Jawa

Baca juga: BMKG Sebut Indonesia Jadi 'Supermarket' Bencana

1. Hujan dengan intensitas rendah hingga lebat akan terjadi

ANTARA FOTO/Yusran Uccang

Munculnya siklon tropis Tembin di wilayah Indonesia ini, akan menyebabkan hujan dengan intensitas rendah hingga lebat di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Maluku Utara.

Baca juga: BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi hingga 7 Meter, Ini Penyebabnya

2. Bakal terjadi gelombang tinggi

liputan6.com

Selain itu, kondisi ini juga menyebabkan potensi angin kencang di Gorontalo dan Sulawesi Tengah. Serta terjadinya gelombang tinggi dengan ketinggian empat hingga enam meter di Laut Cina Selatan, Laut Natuna Utara, Perairan utara Kepulauan Anambas.

Sementara, gelombang dengan tinggi 2,5 sampai empat meter diperkirakan terjadi di Perairan Kepulauan Natuna, Laut Natuna timur Kepulauan Anambas, Perairan utara Kepulauan Sangihe, Perairan Kepulauan Talaud, Laut Maluku bagian utara dan perairan utara Pulau Halmahera.

Baca juga: BMKG Lakukan 4 Hal Ini untuk Berantas Informasi Hoax saat Bencana

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya