TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini 2 Resolusi Besar Kementerian Sosial di Tahun 2018

Pengentasan kemiskinan menjadi prioritas

Ilustrasi penerima bantuan sosial. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Jakarta, IDN Times - Mengakhiri tahun 2017, Kementerian Sosial meluncurkan resolusi 2018 dengan empat nilai dasar yaitu disiplin, berkinerja, bersinergi dan bermartabat. 

"Kemensos berikhtiar membangun dream team jelang perluasan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Insya Allah Kementerian Sosial semakin siap dan solid," tutur Khofifah di Gedung Konvensi Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata.

Baca juga: Gunung Agung Belum Aman, Kemensos Kerahkan 732 Tagana

Baca juga: Kemensos Gandeng Unair Berdayakan Desa Sejahtera Mandiri

1. PKH dan BPNT akan diperluas

ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Khofifah mengungkapkan, perluasan PKH dan BPNT akan dimulai pada Februari 2018. Perluasan BPNT menjadi 10 juta, terbagi dalam empat tahap yakni Januari-Februari, April-Mei, Juli-Agustus, dan Oktober-November. Masing-masing penambahan sejumlah 2,5 juta KPM di tiap tahapan. 

Khofifah pun mengaku sangat optimistis akan penurunan angka kemiskinan di Indonesia yang ditargetkan berada di kisaran 9,5 - 10 persen di tahun 2018 mendatang.

ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Menurutnya, dengan mekanisme non tunai yang digulirkan pemerintah saat ini, program afirmasi pengurangan kemiskinan menjadi lebih tepat sasaran dan tepat waktu.

"Saya kira fakta di depan mata ini menunjukkan bahwa pemerintah tidak setengah-setengah dalam upaya menurunkan angka kemiskinan dan kesenjangan di seluruh wilayah Indonesia," tuturnya.

Baca juga: Ini Terobosan Verifikasi dan Validasi Data Kemensos

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya