TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kemenhub: Kapal KM Lestari Maju Sengaja Dikandaskan

Kapal kemasukan air karena cuaca buruk

BNPB

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan bahwa kapal penyeberangan KM Lestari Maju sengaja dikandaskan, bukan tenggelam seperti informasi yang beredar sebelumnya. Kapal tersebut dikandaskan di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7) siang, sekitar pukul 14.30 WITA.

1. Kapal sengaja dikandaskan

BNPB

"Laporan yang disampaikan dari Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Bulukumba disebutkan bahwa kapal tersebut kemasukan air karena cuaca buruk dan oleh Nakhoda kapal sengaja dikandaskan agar tidak tenggelam dan memudahkan evakuasi para penumpangnya," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo di Jakarta hari ini, Selasa (3/7).

"Kapal KM Lestari Maju tujuan Pamatata dinakhodai oleh Agus Susanto membawa 139 orang penumpang dikandaskan sekitar 300 meter dari Pantai Pabadilang, Selayar," ujarnya.

2. Proses evakuasi masih dilakukan

BNPB

Saat ini proses evakuasi terus dilakukan oleh kapal-kapal nelayan dan tim evakuasi dari Basarnas. Sebagian penumpang sudah berhasil dievakuasi sedangkan sebagian lagi masih di atas kapal.

"Sementara itu, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Surabaya mengerahkan 1 unit kapal patroli KNP. Chundamani untuk membantu evakuasi penumpang yang tersisa," kata Agus.

Baca Juga: Kapal Lestari Maju Tenggelam di Kepulauan Selayar, Ini Penyebabnya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya