TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dirjen PAS: Satu Warga Binaan di Lapas Bojonegoro Positif Virus Corona

Positif virus corona setelah dirawat di rumah sakit

Ilustrasi penjara (IDN Times/Dini suciatiningrum)

Jakarta, IDN Times - Kementerian Hukum dan HAM mengungkap, satu warga binaan di Lapas Bojonegoro, Jawa Timur terkonfirmasi positif virus corona pada 10 Mei. Warga binaan tersebut telah dirujuk ke rumah sakit sebelum dinyatakan positif COVID-19.

“Yang positif satu bulan lalu ada warga binaan mengeluh sakit jantung dan sakit gula dan dirujuk lalu dalam perjalanannya, dua hari lalu dinyatakan positif. Sudah satu bulan di RS, bisa dikatakan positif setelah berada di RS,” ujar Dirjen PAS Kemenkum HAM, Reynhard Silitonga, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR RI, Senin (11/5).

Baca Juga: Gagal Jambret Tas di Darmo Satelit, Napi Asimilasi Corona Ditangkap

1. Tercatat 31 warga binaan berstatus orang tanpa gejala (OTG) virus corona

Ilustrasi. IDN Times/Denisa Tristianty

Reynhard mengatakan, per 10 Mei penyebaran COVID-19 di lapas terjadi pada kategori orang tanpa gejala (OTG) 31 orang, orang dalam pengawasan (ODP) 1 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 1 orang, dan positif virus corona 1 orang.

Sementara itu, pada pertugas pemasyarakatan OTG 12 orang, ODP 7 orang, PDP dan positif COVID-19 nihil, sembuh dua orang yakni petugas lapas kelas 2 Salemba dan kelas 1 Cipinang.

2. Masalah di lapas, lebih banyak penghuni daripada ruang tahanan

Petugas Lapas Sibolga memberi arahan kepada WBP yang bebas bersyarat (Hendra Simanjuntak/IDN Times)

Reynhard juga memaparkan, berdasarkan database sistem pemasyarakatan per 10 Mei, jumlah total tahanan dan napi 231.609 orang. Sementara itu, kapasitas hunian hanya 132.107. Artinya, terjadi kelebihan penghuni 75 persen.

“Kenaikan jumlah penghuni Januari-Maret rata-rata 1.500 orang tiap bulan, dengan Permenkumham 10, terjadi penurunan signifikan April-Mei 39.273 per 10 Mei,” ujarnya.

Baca Juga: Lapas Kedungpane Masih Overload 200 Persen Meski Sudah Asimilasi Napi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya